Saat ini data memegang peranan penting dalam bisnis. Sebab itu banyak perusahaan mulai memiliki kesadaran tinggi terhadap pentingnya data. Dalam pengambilan keputusan, mereka terus mendorong proses berdasarkan data aktual dengan tujuan menghindari pengambilan keputusan yang salah. Dengan kata lain, perusahaan tidak lagi mengandalkan intuisi dan pengamatan untuk menciptakan keputusan yang tepat.

Data merupakan jantung, kunci utama pengambilan keputusan stategis dalam bisnis, terlepas dari besar atau kecilnya operasi perusahaan Anda data akan selalu memberikan wawasan, menjadi kekuatan Anda untuk menjawab setiap tantangan bisnis dan menciptakan keputusan penting. Itulah kekuatan data! Namun demikian, langkah-langkah strategis Anda terkait data dan penggunaannya juga tidak kalah penting dari data itu sendiri. Nah, dalam artikel kali ini kita akan melihat lebih dalam apa saja proses yang diperlukan untuk menggunakan data ke dalam pengambilan keputusan seperti disarikan dari Forbes.

  1. Mulai dengan strategi. Dibanding pusing memikirkan mulai dari mana atau harus mengakses data yang mana dulu, mulailah dengan mencari tahu apa yang ingin dicapai (tujuan) perusahaan.
  2. Identifikasi area bisnis. Selanjutnya, Anda perlu mengidentifikasi area bisnis mana yang paling penting untuk mencapai strategi Anda secara keseluruhan. Jika Anda hanya dapat memperbaiki satu atau dua bidang, mana yang akan Anda pilih? Bagi sebagian besar bisnis; area pelanggan, keuangan, dan operasi adalah prioritas yang dilihat.
  3. Identifikasi pertanyaan bisnis yang belum dijawab. Sekarang setelah Anda mengidentifikasi tujuan strategis Anda, langkah selanjutnya adalah mencari tahu pertanyaan mana yang perlu Anda jawab untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan mencari tahu apa yang perlu Anda ketahui, Anda dapat fokus pada data yang benar-benar Anda butuhkan.
  4. Temukan data untuk menjawab pertanyaan. Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi data apa yang Anda butuhkan. Fokuslah pada data yang dapat membantu Anda menjawab pertanyaan paling mendesak dan memenuhi tujuan strategis Anda. Anda kemudian dapat memilih opsi data terbaik berdasarkan seberapa mudah pengumpulannya, seberapa cepat, dan seberapa efektif biayanya.
  5. Identifikasi data apa yang sudah Anda miliki. Setelah Anda mengidentifikasi data yang Anda butuhkan, segera lihat apakah Anda pernah menggunakan data tersebut, cari tahu apakah internal perusahaan Anda memilikinya jika tidak segera cari cara untuk mengumpulkannya termasuk mengakses data eksternal.
  6. Mulai jika biaya dan upaya disetujui. Anda harus memperlakukan data seperti investasi bisnis. Anda bisa menghitung manfaat nyata dari biaya yang dibutuhkan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk hanya berfokus pada data yang benar-benar Anda butuhkan. Jika Anda yakin biayanya lebih besar daripada manfaatnya, maka Anda mungkin perlu melihat sumber data alternatif.
  7. Kumpulkan data. Siapkan proses dan orang-orang yang akan mengumpulkan dan mengelola data Anda. Anda mungkin bisa mendapat data yang siap dianalisa namun, tidak jarang banyak proyek yang memerlukan sejumlah pengumpulan data.
  8. Analisis data. Anda perlu menganalisis data untuk mengekstraksi wawasan bisnis yang bermakna dan bermanfaat. Namun, dalam beberapa kasus, data membutuhkan tangan analitis yang lebih berpengalaman.
  9. Sajikan dan bagikan wawasan. Pastikan bahwa setiap wawasan dari data Anda digunakan untuk membantu pengambilan keputusan bisnis sehingga ke depam dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
  10. Masukkan pembelajaran ke dalam bisnis. Terapkan wawasan data ke dalam pengambilan keputusan Anda. Ini adalah bagian terpenting dari perjalanan data, mengubah data menjadi tindakan.
Baca juga  Peran Black Belt Semakin Dibutuhkan di Situasi Pandemi

Ingin Belajar Analisis Data?

Jika pekerjaan mengharuskan Anda berurusan dengan data maka kemampuan analisa dan statistik sangatlah penting bagi Anda. Seperti kita tahu, mengumpulkan dan memahami data (infomasi) bukanlah masalah sepele terlebih saat ini kita di era informasi digital dan big data.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki pengetahuan statistik yang baik, maka Anda sangat disarankan untuk mengikuti pelatihan statistik bersama SSCX International dalam online public training “Practical Statistics & Data Analysis” pada tanggal 28 – 29 July ini. Pelatihan ini akan membantu Anda memahami lebih lanjut tentang practical statistic & basic tools – nya (lebih lanjut lihat gambar di bawah).

Tunggu apalagi, segera daftarkan diri Anda sekarang juga karena ada special offer 50 % OFF untuk Anda yang mendaftar hari ini! Informasi dan pendaftaran hubungi tim SSCX di  Wa.me/628175763021.