Saat ini kita hidup di zaman teknologi yang berkembang pesat. Teknologi diyakini mampu meningkatkan keuntungan berkali-kali lipat bagi industri. Pertanyaannya kemudian adalah teknologi apa yang tepat diaplikasikan untuk kemajuan pabrik? Jika Anda masih ragu dengan jawaban Anda, Anda bisa menemukan satu dari sepuluh daftar teknologi paling menjanjikan versi Industryweek di bawah ini!

1. 5G 

Jaringan 5G mampu memberikan stabilitas dan kecepatan yang dibutuhkan industri untuk memproses data (nirkabel) di area produksi. 5G ini sangat penting bagi industri untuk menghubungkan seluruh perangkat ke IIoT.

2. Drone
Kemampuan melakukan pengiriman komponen secara tepat waktu dan mesin artificial intelligence yang dimiliki drone merupakan peluang yang bagus untuk mengoptimalkan area produksi.

3. Wearable device

Teknologi ini sudah berkembang dan makin banyak digunakan. Ini juga menjadi peluang menarik jika diimplementasikan di industri manufaktur untuk menerapkannya bersama teknologi lain, termasuk virtual reality (VR), artificial intelligence (AI), dan augmented reality (AR).

4. 3D Printing and Additive Manufacturing

Dua teknologi ini mendukung industri menjawab kebutuhan pelanggan yang terus bertambah. Pengembangan perangkat ini bisa menyederhanakan proses dan mengurangi kebutuhan pasca produksi.

5. Edge computing 

Teknologi ini memungkinkan proses vital berjalan sesuai kebutuhan. Ketika peralatan produksi semakin advance, kecepatan dan akurasi data merupakan syarat mutlak. Nah, teknologi ini menjamin hal ini.

6. Blockchain

Teknologi ini dapat digunakan untuk mengoptimalisasi supply chain, meningkatkan kepercayaan produk, tracking perawatan yang lebih baik,verifikasi perangkat IIoT, dan mengurangi kegagalan yang sistematis.

7. Quantum Computing

Laporan IBM berjudul“Exploring quantum computing use cases for manufacturing” baru-baru ini menemukan bahwa entri komputasi kuantum ke  bidang manufaktur memungkinkan perusahaan untuk memecahkan masalah yang tidak mungkin diatasi dengan komputer konvensional. Manfaat potensialnya  mencakup kemampuan untuk menemukan, merancang, dan mengembangkan bahan dengan rasio strength-to-weight yang lebih menguntungkan, baterai yang menawarkan kepadatan energi yang jauh lebih tinggi, serta proses yang lebih efisien.

Baca juga  Inilah Empat Manfaat Kaizen bagi Bisnis Anda

8. Industrial Internet of Things (IIoT)

Di era penggunaan data, IIoT menyediakan sarana untuk mengumpulkan data dalam waktu singkat melalui perangkat yang terhubung tanpa batas.Perkembangan teknologi lain seperti Edge computing, 5G, AI terus memperluas jangkauan dan potensi IIoT untuk mengumpulkan dan memanfaatkan semua data yang tersedia.

9. Robotics and Automation

Kolaborasi robot yang meningkat saat ini menyempurnakan otomasisasi di area produksi. Pabrikan bisa memanfaatkan robot untuk menangani tugas yang sulit namun berulang. Potensi kolaborasi semakin intensif ketika artificial intelligence (AI)/ machine learning (ML) masuk di area ini.

10. Artificial Intelligence (AI) and Machine Learning (ML)

AI dan khususnya ML, membantu pabrikan mendapatkan manfaat dari insight berbasis data untuk operasi mereka. Mempercepat evolusi dari preventative menjadi predictive maintenance hanya sebuah awal. AI mendorong peluang desain generatif, menyempurnakan kolaborasi robot, dan meningkatkan pemahaman pasar.

Sumber : Industryweek