Setiap tahun, produsen otomotif membawa model baru ke showroom mereka dan menyingkirkan yang lama. Diantara model yang pernah diproduksi, ada beberapa yang tidak diminati pelanggan. Penjualan mobil diperkirakan turun untuk pertama kalinya pada 2009, menyebabkan produsen mobil mengeluarkan insentif yang lebih besar untuk mengurangi jumlah model yang dipasarkan. Namun pada saat yang sama, sebagian besar produsen besar masih ingin mencoba menawarkan model di setiap kategori.

“Meskipun pasarnya sedikit menurun, pabrikan masih membutuhkan penawaran full-line agar bisa bersaing,” kata Jessica Caldwell, seorang analis Edmunds.com, sebuah situs web pembelian mobil.

Di antara model – model yang akan hilang, beberapa kemungkinan akan hilang selamanya sementara yang lain akan – take a break – untuk kemudian diproduksi lagi. Ford, misalnya, berencana untuk menawarkan versi baru pickup Ranger dan kendaraan off-road Bronco-nya, model yang pernah diproduksi beberapa tahun lalu.

Penjualan mobil melambat jika dibandingkan dengan SUV. Tapi beberapa SUV juga akan hilang, terutama karena terjadi pembaharuan model dan adanya model yang lebih kompetitif di segmen yang sama menggantikan mereka. Di antara model-model yang akan hilang, masing-masing memiliki cerita tersendiri. Dikutip dari usatoday.com berikut 15 mobil yang akan ditinggalkan produsennya di tahun 2018:

  1. Buick Verano. General Motors mengumumkan bahwa pihaknya memangkas Verano sebagai bagian dari pengurangan jumlah mobil, mereka memproduksi LaCrosse dan Regal untuk tahun 2018.
  2. Chevrolet SS. Hal ini disebabkan GM menutup pabrik tempat pembuatannya di Australia.
  3. Chrysler 200. Meskipun menampilkan rapper Eminem dalam iklan mereka beberapa tahun yang lalu dan berkompetisi di segmen mobil menengah yang populer, produk ini tidak pernah memenangkan hati pembeli.

  4. Dodge Viper. Setelah berjalan bertahun-tahun, model dan pabrik yang membuatnya memutuskan berhenti.
  5. Hyundai Azera. Hyundai mengakui Azera menjadi “bahan pertimbangan” bagi banyak pembeli namun tidak pernah terjual dengan baik dan memutuskan untuk menghentikan produksinya.
  6. Infiniti QX70. Infiniti memilih QX50 all-new untuk dipasarkan pada awal tahun 2018 dan memperbaharui SUV mewah QX80
  7. Jeep Patriot. Sebelumnya Patriot dan Compass merupakan model compact SUV yang sangat mirip. Patriot harus rela saat Fiat Chrysler lebih memilih Compass sebagai nama single untuk model baru mereka.
  8. Lexus CT 200h. Model ini mulai ditinggalkan para pelanggannya.
  9. Mercedes-Benz B-Class. Mobil ini diproduksi secara terbatas dan hanya tersedia di California, kemudian versi listriknya dibuat dan tersedia di semua negara bagian Amerika Serikat namun sebagai pesanan khusus dari dealer.
  10. Mitsubishi i-MiEV. Merupakan salah satu kendaraan listrik paling murah yang ada di pasaran, namun jangkauannya terbatas dan tidak pernah diukur untuk menjadi mobil listrik modern.
  11. Mitsubishi Lancer. Perusahaan mulai berfokus pada SUV dan meninggalkan model ini.
  12. Nissan Quest. Meskipun Nissan belum merilis model yang dipasarkan di tahun 2018, namun kemungkinan mereka akan membuang Quest karena model ini tidak pernah menang melawan pesaingnya seperti Honda Odyssey, Toyota Sienna dan Chrysler Pacifica.
  13. Smart ForTwo. Mobil terkecil di pasaran, tipe ini akan hilang digantikan versi listriknya.
  14. Volkswagen CC. Di awal tahun nanti, kemungkinan VW akan menggantinya dengan Arteon.
  15. Volkswagen Touareg. SUV ini populer tapi VW lebih memperhatikan model crossover baru seperti SUV Atlas