Saat para pemain industri mulai kesulitan bersaing di pasar global, Lean Manufaktur hadir memberikan kesuksesan untuk mereka dengan meningkatkan daya saing serta kepuasan pelanggan. Bagaimana bisa?

Seperti yang kita ketahui, Lean Manufacturing bekerja dengan memangkas dan meminimalkan aktivitas kerja yang tidak bernilai saat proses sedang berjalan. Tak hanya itu, berikut adalah 4 alasan mengapa perusahaan Anda harus mempertimbangkan teknik Lean Manufacturing:

1. Merampingkan proses perusahaan

Menerapkan Lean memungkinkan produsen merampingkan prosesnya di seluruh bagian organisasi, mulai dari front office hingga area distribusi. Efisiensi dilakukan dan membuat pekerjaan lebih maksimal. Hal ini menyebabkan biaya produksi berkurang dan meningkatkan percepatan penjualan ke target pasar.

2. Menghilangkan pemborosan

Lean membahas Sembilan Area Pemborosan: pergerakan, persediaan, waktu tunggu, transportasi, informasi, kualitas, produksi yang berlebih, proses, dan kreativitas. Dengan menghilangkan pemborosan di berbagai area, perusahaan memiliki kesempatan memangkas waktu yang dihabiskan untuk tugas-tugas yang tidak perlu.

3. Membangun komitmen tim

Saat akan menerapkan operasi Lean, perusahaan harus menyadari bahwa ada kebutuhan untuk perubahan dan memerlukan fokus dari semua anggota tim. Dalam banyak kasus, saat memanfaatkan teknik Lean, proses manufaktur dapat dinilai secara keseluruhan yang dapat membangun kerjasama tim.

4. Pekerjaan yang berkesinambungan

Elemen kunci Lean adalah “perbaikan terus-menerus.” Ini artinya kesempatan untuk menjadi lebih efisien pun ada terus menerus dalam setiap proses yang dilakukan.

Manfaat Finansial

Setelah pemborosan berkurang tentu ada peningkatan keuntungan perusahaan, terutama saat prinsip Lean diatur dengan benar dalam organisasi. Pelanggan yang puas akan membuat bisnis berjalan lancar. Pengurangan pemborosan dan cacat produksi memberikan peningkatan kualitas produk yang lebih baik dan memastikan keuntungan yang lebih tinggi.

Memberikan kepuasan pada pekerja dapat membuat bisnis berkembang dengan baik dalam jangka panjang. Lean Manufacturing adalah filosofi bisnis yang telah terbukti sangat berhasil karena dapat mengurangi biaya, menghilangkan limbah, meningkatkan produktivitas, menjaga tingkat kualitas sehingga meningkatkan keuntungan Anda secara signifikan.

Mungkin saat ini Anda masih bertanya-tanya bagaimana Lean Manufaktur meningkatkan kepuasan pelanggan sekaligus meminimalisir pemborosan? Temukan jawabannya dalam Lean Manufacturing Simulation & Workshop: Maximize Customer Value While Minimizing Waste, yang diselenggarakan oleh SSCX International di The Park Lane Hotel Jakarta, 18-19 Desember 2017. Di sana, Anda akan mendapat banyak ilmu yang bermanfaat untuk perusahaan Anda.

Info lebih lanjut, hubungai kami di redaksi@shiftindonesia.com