Mulailah dengan tujuan yang sederhana, ini adalah langkah awal untuk berhasil mewujudkan tujuan menjadi kenyataan.

Baik pengembangan diri ataupun organisasi semua berawal dari tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang Anda buat. Tanpa menyusunnya, Anda telah membiarkan beberapa hal, seperti rutinitas harian menghambatnya. Kemudian, sebelum Anda menyadarinya, Anda telah menghabiskan waktu bertahun-tahun tanpa mencapai tujuan yang Anda inginkan. Berikut adalah empat tips untuk Anda yang tidak ingin menunda keberhasilan:

1. Gunakan pendekatan yang sistematis
Pendekatan sistematis adalah suatu pendekatan dengan segmentasi sasaran di berbagai bidang kehidupan. Artinya, terjadi keselarasan nilai. Sebagai contoh, tidak hanya menerapkan sistem proyek, tetapi Anda juga harus memaksimalkan sistem keterampilan, sistem kesehatan, sistem organisasi secara bersamaan. Kenapa sistem keterampilan? Karena dengan ini kemampuan Anda di tempat kerja akan meningkat, memungkinkan Anda berkontribusi lebih banyak untuk organisasi dan kemudian menjadi kandidat yang lebih menarik untuk karier Anda. Sistem kesehatan, dengan menyisihkan waktu untuk berolahraga, pola makan dan istirahat akan membuat Anda lebih produktif.

2. Manfaatkan teknologi.
Kita bisa memanfaatkan aplikasi di ponsel untuk memperbaharui dan merefleksikan tujuan kita dari waktu ke waktu. Anda juga bisa membuat papan visual untuk melihat pencapaian Anda. Tampilan visual yang menarik membuat setiap tujuan menjadi lebih nyata dan membuat diri Anda bertanggungjawab untuk menyelesaikannya.

3. Sederhanakan tujuan Anda.
Sifat manusia adalah membuat hal-hal lebih rumit daripada yang seharusnya. Tidak jarang kita frustasi dan menyerah dengan mudah karena kompleksnya tujuan yang kita buat dan sejuta langkah yang kita siapkan. Oleh karena itu, penting untuk memulainya kembali dengan tujuan yang lebih sederhana. Misalnya Anda ingin menjadi profesional, jangan menunggu mendapat promosi dari eksekutif, tetapi sebaliknya kenali keterampilan Anda dan mulailah untuk meningkatkannya. Langkah-langkah yang relevan ini akan membantu Anda dalam mencapai tujuan yang lebih besar dan lebih kompleks.

4. Mengubahnya menjadi kompetisi.
Memunculkan sifat kompetitif bisa membantu Anda keluar dari zona nyaman. Cobalah memulainya dengan bersaing untuk mengalahkan diri sendiri. Misalnya, dalam 100 hari Anda harus membaca lebih banyak setiap harinya atau bersikap lebih bijak kepada orang lain.

Apapun perbaikan yang Anda inginkan, dengan menetapkan tujuan spesifik jangka pendek dan jangka panjang akan membantu membuat aspirasi Anda menjadi kenyataan.

 

Sumber: Inc.com