Benarkah kita bisa menyelesaikan masalah dan mencegah terulangnya kembali di masa depan? Langsung saja kita bahas di artikel ini.  

Excellent people, seperti kita tahu masalah adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari atau abaikan begitu saja. Sebab itu, setiap pemimpin atau leader di organisasi selalu dituntut untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah atau problem solving skill yang baik. Nah, para leader berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan seorang leader untuk bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang efektif. Baca sampai tuntas ya jika Anda benar-benar ingin menjadi the real problem solver.

1. Understand First

Pahami masalah yang ada. Maksudnya disini adalah jangan langsung membuat asumsi atau kesimpulan atas satu masalah yang ada. Kita harus bisa menghilangkan subjektivitas kita ketika melakukan penilaian sehingga tidak mengambil keputusan yang bias. Berikut ini adalah beberapa cara agar kita bisa memahami masalah dengan lebih jelas:

  • Gemba

Yaitu dengan melakukan kunjungan langsung ke tempat kejadian. Lihat dan rasakan secara langsung masalah yang terjadi di lapangan.

  • Tanya pihak yang berkompeten

Biasanya masalah terjadi dibagian shopfloor. Mintailah keterangan pihak-pihak yang menjalankan point of execution sehingga akan didapatkan perspektif yang lebih jelas.

  • Statistik

Jika tersedia data yang cukup lengkap, gunakanlah uji-uji statistik. Hal ini akan membantu Anda melihat korelasi suatu variable terhadap suatu masalah.

2. Solution

Setelah Anda memahami masalah yang sedang dihadapi, selanjutnya adalah mengembangkan solusi yang ada sebanyak mungkin. Solusi ini bisa Anda dapatkan dengan cara:

  • Focus Group Discussion
  • Brainstrorming
  • Expert Judgement

Setelah mengantongi beberapa solusi, pilihlah solusi yang paling baik dengan mempertimbangkan Cost and Benefit Analysis.

3. Control & Monitoring

Setelah solusi terpilih dijalankan, lakukan kontrol dan pengawasan terhadap hasil perbaikan tersebut. Catat dan dokumentasikan. Dari data yang ada, bisa saja solusi yang kita lakukan masih perlu perbaikan atau tidak berhasil sama sekali. Jika hal ini terjadi, ulangi lagi dari tahap pertama.

Baca juga  Produk Berkualitas Dimulai dari Project yang Berkualitas

4. System & Procedur

Setelah solusi yang dilakukan berhasil mengurangi atau menghilangkan masalah yang ada, Anda harus segera menciptakan sistem dan prosedur sehingga masalah tersebut tidak lagi muncul.

Root Cause Analysis dan Problem Solving

Root Cause Analysis (RCA) yang efektif adalah inti setiap metode problem solving seperti Lean atau Six Sigma. Langkah ini sangat penting untuk menyelesaikan masalah yang sangat kompleks yang membutuhkan waktu berbulan-bulan dan juga masalah harian yang mungkin selesai dalam hitungan hari atau jam. SSCX akan mengadakan pelatihan Root Cause Analysis pada tanggal 28 – 29 Juli 2021. Dalam pelatihan ini peserta akan mendapatkan keahlian dan keterampilan tentang bagaimana mengungkap akar penyebab masalah yang sebenarnya, sehingga mampu mencegah masalah serupa terjadi di masa depan.

Nah bagi yang ingin tahu lebih lanjut tentang pelatihan ini atau bagaimana SSCX bisa membantu Anda meningkatkan kualitas dan produktivitas secara efektif, langsung saja hubungin tim SSCX di http://wa.me/628175763021 dan kunjungi website SSCX di www.sscxinternational.com.