Perkembangan teknologi yang begitu masif mengubah dunia marketing, menjadikannya semakin otomatis dan serba digital.

Awal tahun memang baru saja dimulai, namun Anda harus segera mencuri start, bekerja se-produktif mungkin jika tahun ini ingin melampaui target penjualan. Selain memikirkan strategi bersaing, Anda dan team harus renponsif membaca selera pasar dan juga perilaku konsumen yang semakin sulit diprediksi di era serba digital ini. Lalu bagaimana menciptakan team penjualan yang produktif? Sara Varni, Senior Vice President of Marketing, Sales Cloud sebagaimana dIkutip dari salesforce, memberikan 4 tips untuk membantu Anda meningkatkan produktivitas penjualan, berikut ulasannya:

1. Beri team sales Anda 1 jam ekstra untuk berjualan setiap hari

Berdasarkan State of Sales Report, sebuah survei yang melibatkan para profesional di dunia penjualan, tugas administratif yang berlebihan adalah penyebab utama proses internal yang tidak efektif. Dalam laporan ini juga disebutkan bahwa mereka secara berulang menghabiskan 64% waktunya untuk tugas non-sales. Ada banyak tugas administratif dan rutinitas yang bisa menghabiskan waktu dan tenaga anggota tim Anda. Misalnya, banyak orang sales harus melakukan entri data setiap harinya di kantor.

Penting untuk Anda mengotomatisasi beberapa hal sehingga team Anda dapat fokus dengan konsumen dan prospek penjualan. Tools seperti mobile application, analytics, dan otomatisasi dapat secara efektif mendorong produktivitas tim penjualan. Sistem analytics akan membantu membaca dan menafsirkan data pelanggan untuk kemudian segera ditindaklanjuti, aplikasi penjualan mobile bisa menjadi representasi perusahaan, memberikan informasi secara instan di mana saja, dan otomatisasi memberikan kemudahan dibandingkan entri data manual.

2. Fasilitasi apa yang team Anda butuhkan untuk menciptakan kepuasan pelanggan

Anda harus mendukung team Anda melakukan pekerjaannya dan memenuhi kebutuhan mereka guna mewujudkan kepuasan konsumen. Dalam lingkungan multi-channel, konsumen dapat menemukan seller lain cukup dengan mengklik satu tombol. Namun, menurut State of Sales Report, repetisi penjualan masih sulit melacak dan menciptakan kepuasan pelanggan karena kurangnya tools atau software yang mendukung.

Sara menjelaskan bagaimana bisnis dapat berhasil mendorong kepuasan pelanggan yang tinggi dengan memberikan informasi untuk pelanggan di semua platform. Dengan menghubungkan sistem, keterlibatan Anda akan berbeda, Anda dapat membuat akses data pelanggan di seluruh organisasi. Data ini akan menjadi informasi penting bagi team untuk memahami dan merespons pasar.

3. Memanfaatkan otomasi dan Artificial Intelligence (AI)

Tingkat interaksi pembeli/ penjual yang realtime menentukan probabilitas tercapainya sebuah kesepakatan.

Itu sebabnya menambah keahlian team dengan AI sangat penting. AI dapat memberikan nilai feedback dan prediksi peluang dengan metode dan langkah terbaik. AI juga memungkinkan team Anda secara otomatis mendapat informasi berdasarkan data seperti perkembangan terbaru pelanggan.

4. Produktivitas adalah hal penting di lingkungan persaingan yang kompleks.

Mengadopsi tools yang tepat, seperti CRM yang dibangun dengan Artificial Intelligence akan memberi tim Anda lebih banyak waktu untuk bekerja, menggunakan waktu mereka secara maksimal. Bisnis tidak bisa meroket sendiri, Anda perlu duduk bersama dengan tim,  mencari cara kerja yang paling sesuai untuk mereka.