Keberagaman supplier menjadi satu hal yang penting karena berbagai penyebab. Sayangnya, adanya kesalah pahaman tentang keberagaman ini dalam rantai pasokan masih sering terjadi.

Banyak yang masih saja percaya keberagaman tersebut merupakan suatu sistem kuota yang dirancang untuk menguntungkan kelompok tertentu saja. Kepercayaan ini pada akhirnya gagal memahami bahwa keunggulan kompetitif masih ada untuk OEM atau Original Equipment Manufacturer yang mengintegrasikan keberagaman supplier ke dalam proses produksi dan operasional mereka.

Organisasi yang telah mengimplementasikan strategi keberagaman supplier secara efektif telah berhasil merasakan manfaat yang telah ditimbulkan. Berikut adalah 5 alasan mengapa keberagaman supplier menjadi hal penting dalam perusahaan.

[cpm_adm id=”10097″ show_desc=”no” size=”medium” align=”right”]

  1. Keberagaman Supplier Mempromosikan Berbagai Channel dimana Barang dan Jasa tersebut Dibeli

Badan Sensus Amerika Serikat telah berulang kali menegaskan bahwa pelanggan akan menjadi lebih beragam setiap waktunya. Perusahaan harus terus mengadaptasi ide-ide dan inovasi-inovasi terbaru yang muncul baik dalam lingkungan internal maupun eksternal. Keberagaman supplier ini akan memberikan kontribusi untuk pertumbuhan bisnis yang menguntungkan, dan secara otomatis mempromosikan semua channel pembelian barang dan jasa.

  1. Organisasi dapat Memanfaatkan Peluang Baru untuk Melakukan Ekspansi Bisnis.

Masalah keragaman merupakan sesuatu yang diabaikan oleh hampir semua eksekutif senior. Mereka belum menyadari bahwa keberagaman supplier terhubung kepada keberagaman pasar. Perusahaan yang tidak hanya menjual, namun juga membeli dari beragam komunitas akan mencapai nilai profit yang tinggi jika dilakukan dengan baik.

  1. Keberagaman Supplier dapat Dimanfaatkan untuk Pangsa Pasar yang Lebih Besar dan juga Profitabel.

Bukan hanya perusahaan besar dengan profit yang tinggi, namun bisnis atau perusahaan minoritas pun juga tak kalah pentingnya. Melakukan investasi dalam bisnis minoritas ini akan menciptakan loyalitas brand dari mereka yang secara langsung menhasilkan manfaat dari pekerjaan maupun keuntungan yang diciptakan dari investasi dalam keberagaman supplier.

  1. Organisasi dapat Semakin Menarik Pelanggan Sadar Sosial
Baca juga  Dari Kaizen Menjadi Lean Innovation (2)

Perusahaan dengan praktik bisnis sosial yang bertanggung jawab akan mampu menarik minat pelanggan dalam mendukung mereka membuat perbedaan. Selanjutnya, sejauh mana perusahaan berinvestasi dalam program keberagaman supplier mencerminkan komitmen perusahaan untuk menjadi bisnis yang bertanggung jawab secara progresif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Edelman, sebesar 87% pelanggan global percaya bahwa perusahaan perlu menempatkan perhatian yang sama dalam lingkup sosial seperti halnya dalam lingkup bisnis. Dengan menginvestasikan supplier dengan program keberagaman, perusahaan mampu menarik pelanggan yangh sadar sosial.

  1. Komitmen Keberagaman Supplier akan Menyeimbangkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, yang Berkaitan dengan Retensi Karyawan

Seperti halnya perubahan terhadap pasar pelanggan, begitu pula yang terjadi pada pasar tenga kerja. Yang terjadi pada beberapa tahun ke belakang adalah lebih banyak kaum wanita dan minoritas yang menduduki posisi penting dalam perusahaan, mereka seringkali bertanya kepada setiap karyawan bagaimana dukungan karyawan tersebut terhadap perusahaan dan bisnis minoritas. Semakin tinggi penilaian karyawan terhadap organisasi, semakin tinggi pula komitmen mereka terhadap organisasi tersebut.***