Ada hal yang diinginkan semua pemimpin untuk bawahannya namun sulit dilakukan: membuat mereka melakukan yang terbaik yang mereka bisa. Namun di sisi lain, penelitian menunjukkan 70% karyawan tidak merasa memiliki ikatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja.

Dengan fakta ini, bagaimana caranya Anda sebagai pemimpin melakukan manajemen yang efektif? Sebetulnya, sederhana saja.

  1. Tone At The Top

Pimpinlah karyawan Anda dengan cara yang mudah bagi mereka untuk mengikuti. Buatlah contoh yang benar bagaimana berperilaku bisnis, fair terhadap aturan, dan beretika. Buatlah mereka mudah untuk menghargai Anda, karena saat pemimpin tidak melakukan aturan yang mereka buat sendiri, saat itulah mereka tak dihargai oleh bawahannya.

2. Tunjukkan Kepedulian Terhadap Karir Mereka

Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan berperforma tinggi secara rutin memotivasi karyawannya melalui pengembangan karir. Anda pun dapat melakukannya dengan mudah. Menunjukkan bahwa Anda ingin meningkatkan kemampuan yang mereka butuhkan untuk sukses, adalah cara yang kuat untuk membuat mereka loyal terhadap Anda.

3. Ambisius Tapi Realistis

Anda pasti ingin membuat target yang tinggi tetapi bisa dicapai oleh karyawan Anda. Beri tahulah mereka bahwa Anda memiliki standar yang tinggi namun tetap masuk akal. Buat mereka merasa tertantang. Kompetisi menghasilkan kepercayaaan diri dalam mencapai tujuan dan ambisi dapat memotivasi mereka untuk melakukannya lagi.

4. Berikan Tanggapan Jujur yang Bermanfaat

Kata kunci di sini adalah: “jujur”. Baik itu tanggapan positif atau negatif. Jika karyawan tidak menerima tanggapan, bagaimana mereka bisa mengetahui apakah yang mereka lakukan benar atau salah? Bagaimana mereka bisa memberikan yang terbaik jika mereka tidak mengetahui seperti apa yang terbaik itu?

5. Kenali Tim Anda

Baca juga  Menganalisa Potensi Kegagalan Proyek

Jika Anda ingin mengeluarkan potensi terbaik karyawan Anda, setidaknya Anda harus mengenal mereka. Cari tahu apa yang menarik bagi mereka, apa yang mengganggu bagi mereka, apa yang mereka suka, dan apa yang dapat memotivasi mereka. Apakah uang, rasa hormat, penghargaan, kantor yang besar, atau waktu luang bersama keluarga? Banyak kemungkinan. Semakin Anda mengenal mereka, semakin tepat manajerial yang bisa Anda lakukan.

Bagaimana? Tak ada satupun yang rumit dalam list di atas, bukan? Namun meskipun hal-hal tersebut sangat umum, bukan berarti mudah dipraktikkan. Ingat, bahwa pemimpin terbaik adalah mereka yang dapat memberi pencerahan kepada karyawannya dan memahami bagaimana cara untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka. Bagaimana dengan Anda?