Apakah rekan Anda selalu meneriakkan “Wow, desktop Anda terlalu penuh”  ketika mereka melihat komputer Anda? Apakah folder yang Anda miliki begitu penuh dan harus memerlukan waktu beberapa menit untuk menemukan file sederhana, logo perusahaan misalnya? Apakah melihat layar utama komputer membuat  Anda stress?

Jika iya, saatnya untuk melakukan “detoks” digital.

Januari sudah berakhir, resolusi Februari harus segera dieksekusi, organisir sebaik mungkin apa yang Anda butuhkan saat ini untuk mempersiapkan semua tujuan yang ingin Anda capai bulan ini. Dan itu bisa dimulai dengan membersihkan semua sampah di komputer Anda. Ya, semua dokumen lama yang tidak berguna dan  juga aplikasi yang tidak terpakai namun mengacaukan desktop dan folder Anda.

Jadi, bantulah diri Anda sendiri dengan menghabiskan lima menit waktu Anda untuk menghapus salah satu dari lima hal di bawah ini.

1. Screenshot

Sebagai permulaan, seret semua hasil screenshot ke trash (hapus – red). Akan lebih baik jika semua ikon itu tidak ada di homescreen komputer Anda bukan?

Dan jika Anda tidak ingin menghapusnya atau tidak yakin karena mungkin Anda akan membutuhkannya lagi, maka buatlah folder “screenshot” dan simpan semua hasil screenshot di folder tersebut .

2. Dokumen lama

Dokumen-dokumen lama di tahun 2015 atau sebelumnya dengan info akun lama yang telah Anda buat ulang, folder foto klien untuk klien yang tidak lagi Anda pegang, database yang belum pernah Anda buka sama sekali. Hapus semuanya. Jika ragu maka buatlah folder yang bertuliskan “ Probably Deleteable” dan pindahkan semuanya kesana. Saya yakin Anda tidak pernah membuka folder itu, tapi jika bisa memberi Anda ketenangan dengan menyimpannya, maka lakukan.

3. Download

Fakta yang menyenangkan: hasil unduhan Anda cukup memakan tempat. Dan ada kemungkinan Anda tidak memerlukan banyak hal yang telah Anda download-dari email, situs web, dokumen, dll. Jadi, buka folder itu, urutkan dengan yang terakhir dibuka, dan hapus apapun yang belum pernah Anda buka dalam beberapa waktu.

4. Aplikasi yang Tidak Pernah Anda Gunakan

Jelajahi folder dan desktop aplikasi Anda. Apakah ada aplikasi yang jarang Anda gunakan? Atau, yang Anda download untuk proyek tertentu dan tidak perlu lagi? Hapus mereka

5. Catatan Lama

Entah Anda menggunakan digital notes atau menempelkan catatan kertas ke dalam laptop Anda, bersihkan daftar tugas, catatan meeting, atau pengingat lama yang sudah Anda selesaikan. Tidak ada yang lebih baik daripada menghapus hal-hal tersebut dari daftar Anda!

Hal terbaik dalam membersihkan komputer adalah sangat mudah dilakukan, dan tidak ada yang benar-benar permanen (karena itulah disarankan untuk tidak mengosongkan sampah Anda sampai Anda yakin Anda siap untuk menghapus semuanya). Begitu Anda melihat betapa memuaskannya untuk membersihkan kekacauan digital Anda, Anda akan lebih termotivasi untuk menangani proyek organisasi lain-mungkin meja kerja, telepon Anda, atau lemari arsip Anda. Lima menit yang akan membantu Anda lebih siap dalam pencapaian baru!

 

Sumber: themuse