Ada begitu banyak hal menarik yang bisa Anda rencanakan untuk menghabiskan akhir pekan atau hari libur panjang. Tetapi penting juga untuk Anda merencanakan hari-hari setelah hari libur.

Hari libur ekstra membuat Anda jauh lebih sulit untuk keluar dari mode akhir pekan. Jika Anda memiliki waktu yang lebih singkat untuk menyelesaikan semua pekerjaan, mungkin membantu Anda menjadi produktif kembali. Melansir laman Business Insider, berikut adalah enam hal yang dilakukan oleh orang-orang sukses ketika mereka kembali dari akhir pekan yang panjang :

1.Datang ke Kantor Lebih Awal
Hampir semua orang menikmati waktu liburnya, jadi Anda tidak perlu takut tertinggal dengan datang sesuai jam kerja. Tetapi datang lebih awal adalah ide yang bagus jika Anda ingin menjadi produktif kembali setelah melewati hari libur.

2. Memeriksa Daftar Tugas
Orang-orang yang produktif tahu bahwa daftar panjang pekerjaan sebenarnya tidak berguna.

Tidak ada waktu yang lebih baik daripada saat Anda kembali dari libur panjang  untuk mulai menyortir item dari daftar Anda. Setelah meninggalkan pekerjaan untuk beberapa waktu, Anda akan mendapati bahwa tugas-tugas yang selalu Anda tunda tidak menghalangi kesuksesan Anda.

3. Cek Ulang Jadwal
Jangan lupa untuk memeriksa kembali jadwal Anda. Ingat, Anda kemungkinan akan menjalani minggu kerja yang singkat. Jangan mencoba memasukkan terlalu banyak agenda ke jadwal mingguan Anda, atau mungkin Anda akan menyulitkan diri sendiri.

4. Memberikan Konfirmasi Kehadiran
Jika Anda kembali dari hari libur nasional, kemungkinan besar sebagian besar rekan kerja dan klien Anda akan menghabiskan hari libur yang sama dengan Anda. Tetapi bukan ide buruk jika Anda mengkonfirmasi mereka bahwa Anda sudah kembali bekerja. Michael Kerr seorang pembicara bisnis internasional mengatakan bahwa dengan meluangkan waktu untuk terhubung dengan satu atau dua klien untuk memberi tahu mereka bahwa Anda telah kembali jika mereka membutuhkan sesuatu.  Menurutnya ini adalah titik sentuh layanan pelanggan sederhana yang dapat membuat kesan besar. Terlebih lagi, jika akhir pekan panjang menghabiskan hari Senin – hari yang populer untuk rapat, jadwalkan tim Anda untuk pertemuan langsung, meskipun hanya untuk beberapa menit. Anda bisa memastikan semua orang berada dalam perspektif yang sama setelah Anda kembali ke kantor.

5. Mengorganisir Email Masuk
Anda bisa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menanggapi email yang Anda lewatkan selama hari libur. Jangan sampai Anda salah mengartikan aktivitas email dengan produktivitas pekerjaan, jadi Anda harus bersikap strategis, dan hanya tanggapilah email yang sensitif  terhadap waktu (mendesak).

6. Fokus Pada Pekerjaan
Penting untuk berhenti memikirkan pekerjaan selama hari libur panjang. Anda bisa menikmati waktu libur Anda setelah melewati hari kerja yang panjang. Sama pentingnya untuk kembali berorientasi pada pekerjaan saat Anda kembali ke kantor. Orang-orang sukses dapat melakukan peralihan ini dan menghindari hal-hal  tidak produktif setelah menghabiskan libur panjang.