Mencapai puncak karier tentu bukanlah hal mudah, dibutuhkan transformasi pribadi yang terus dilakukan dan itu tidak pernah berakhir.

Perjalanan karier seseorang dimulai ketika mereka menerima pekerjaan, namun ibarat menuju puncak gunung perjalanan tidaklah selalu mulus. Jalan terjal dan menanjak ditambah badai bisa ditemui kapan saja, tetapi rintangan ini tidak akan berarti bagi mereka yang memiliki tekad, keberanian, keyakinan, dan juga kemampuan berkolaborasi dengan pendaki lain.

Perjalanan menuju puncak memang berat, namun setelah Anda mencapai puncak maka perjuangan Anda akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang tersaji disana. Begitupun dalam menapaki karier di perusahaan, Anda harus mengalahkan semua tantangan dengan terus melakukan transformasi. Berikut beberapa langkah yang bisa membantu Anda mengakselerasi pertumbuhan diri dengan cepat dan mengantarkan Anda ke tempat yang Anda inginkan:

1. Merefleksikan diri secara jujur

Saat Anda dikelilingi oleh kenyamanan dan kesenangan, Anda akan cenderung menyangkal bahwa Anda memiliki hambatan untuk terus berkembang sehingga tidak bisa menemukan potensi yang lebih besar pada diri Anda.

Coba luangkan waktu Anda untuk memperhatikan kekuatan, kelemahan, dan masalah Anda yang belum terpecahkan yang mempengaruhi kehidupan Anda sehari-hari. Jangan takut untuk meminta feedback kepada orang lain – informasi itu bisa sangat membantu dan mencerahkan.

2. Maksimalkan kekuatan Anda.

Ambillah apa yang Anda pelajari dalam refleksi diri Anda dan kemudian perbaiki kemampuan itu. Proses pengembangan diri ini akan menjadikan Anda semakin kuat sehingga Anda bisa membaginya dengan orang-orang di sekitar Anda.

3. Memanfaatkan kelemahan untuk meningkatkan kompetensi

Namun, penting untuk mengatasi kelemahan Anda. Terkadang cara terbaik untuk mengatasi masalah lama adalah terlibat dalam pengembangan dan pembinaan. Jika Anda hanya memaksimalkan kekuatan, Anda mungkin bisa bertahan, tapi Anda tidak akan pernah mendapatkan sesuatu yang lebih dalam hidup Anda.

Baca juga  Apakah ada perbedaan antara kualitas dan nilai?

4. Berkomitmen pada pengembangan jangka panjang

Disinilah kebanyakan orang sering berakhir gagal. Ada perbedaan besar antara berbicara tentang pengembangan diri dan berkomitmen untuk terlihat rentan di depan orang lain. Tidak mungkin melanjutkan pertumbuhan diri secara maksimal tanpa bekerja secara profesional, jadi jika Anda serius dengan peningkatan diri, maka Anda perlu mengatasi setiap hambatan yang Anda hadapi. Jika diperlukan Anda bisa mengambil investasi jangka panjang untuk pertumbuhan diri Anda seperti mengikuti pelatihan leadership dan problem solving.

5. Berlatih meditasi

Hal lain yang harus dilakukan orang-orang yang dengan serius ingin memperbaiki dirinya adalah dengan meditasi. Setidaknya 10 menit keheningan dalam sehari, hal ini akan mulai mengubah cara Anda terlibat dengan diri Anda dan dunia.

6. Membaca, Olahraga, Diet

Tumbuh adalah proses holistik, jadi jangan hanya fokus pada perasaan Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda terlibat dalam keseluruhan baik itu pikiran, tubuh dan spiritual.

Temukan diet dan olahraga yang sesuai yang sesuai untuk tubuh Anda sehingga bisa mendukung semua pekerjaan yang Anda lakukan. Demikian pula, pastikan bahwa Anda terus memperluas pikiran Anda.

Pikiran Anda adalah alat yang harus terus digunakan agar bisa berfungsi maksimal, dan membaca adalah salah satu cara termudah untuk menjaganya.