Ini adalah strategi yang Anda butuhkan untuk meningkatkan laba dan potensi bisnis Anda.

Ketika memulai bisnis, Anda akan sangat terlibat dalam proses produksi dan penjualan produk atau layanan Anda. Tidak jarang kesibukan ini menyita waktu Anda sehingga Anda tidak memiliki cukup waktu untuk memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan strategi perubahan bisnis di masa depan. Benar, Anda harus fokus untuk meningkatkan penjualan atau menjangkau pasar baru, tapi jika Anda mengabaikan strategi perubahan Anda bisa tersingkir dari kompetisi. Untuk menghindar hal terburuk ini, Steve Coughran penulis buku Outsizing: Strategies to Grow Your Business, Profits, and Potential, membuat panduan praktis berbasis penelitian untuk membantu Anda agar fokus dengan bisnis Anda yang luar biasa.

1.Berikan pengalaman pelanggan yang unik.

Perusahaan sukses terus membangun strategi proaktif untuk mengantisipasi kebutuhan pelanggannya dan benar-benar memuaskan semua aspek pengalaman belanja mereka: value, pengiriman, dan layanan untuk masalah dan pertanyaan mereka. Perusahaan yang terbaik dalam hal ini adalah Apple. Mereka mengembangkan produk iPod dan iPhone bahkan sebelum pelanggan tahu mereka  membutuhkannya. Mereka membangun Apple store untuk menawarkan pengalaman belanja yang baru.

2. Sorot nilai kompetitif Anda, bukan teknologi Anda.

Beberapa perusahaan mengunggulkan peningkatan teknologi dan fitur mereka daripada nilai yang mereka miliki. Anda harus menghadapi mereka dengan melakukan studi berkelanjutan tentang apa yang dihargai pelanggan Anda, apa yang ditawarkan para kompetitor, dan target market Anda. Itu dimulai dengan terus mengoptimalkan model bisnis Anda, menganalisa semua data, membuat dan menggunakan metrik untuk mengukur kinerja dan kemajuan Anda.

3. Terus mencari dan memanfaatkan peluang yang ada

Dengan lebih bekerja keras membuat proyeksi pasar dan perubahan teknologi, serta berani membuat keputusan Anda dapat memiliki bisnis yang luar biasa. Tidak perlu jenis untuk melihat peluang hari ini, seperti kita lihat perubahan besar di seluruh dunia, termasuk perubahan sosial dan lingkungan yang menghasilkan konsumen generasi baru.

4. Kembangkan potensi tim dan talent Anda.

Banyak pemimpin sukses mengatakan tim yang bersemangat dan budaya yang kuat adalah sumber keunggulan kompetitif dan pertumbuhan jangka panjang bagi bisnis. Mereka terus membangun strategi perekrutan dan fokus pada pengembangan.

Baca juga  Good News! Kebijakan Penurunan Harga Tiket Angkutan Udara Efektif Juli Ini


5. Tingkatkan pendapatan menjadi laba

Fokus pada jumlah pengguna, atau pendapatan saja, tidak akan membuat bisnis sustain. Anda juga perlu memiliki strategi pertumbuhan dan menangkap nilai dengan cerdas, yaitu dengan menjual lebih banyak kepada pelanggan dan pasar Anda yang sudah ada saat ini dan menjual produk saat ini ke pasar baru – sebelum Anda mengembangkan produk baru atau masuk ke pasar yang sama sekali baru untuk bisnis Anda.

6. Internalisasi strategi

Pelanggan dan pasar terus bergerak, strategi Anda pun harus mengikutinya.  Efisiensi dicapai melalui konsistensi dan inovasi, berdasarkan hasil bottom-line dari bisnis Anda. Strategi adalah tentang cara menjalankan bisnis, termasuk operasional di dalamnya. Dibutuhkan kerja keras dan pembelajaran di setiap kesalahan. Sukses tidak akan datang dari rencana yang tak beraturan, bangun strategi sekarang untuk masa depan Anda.

Sumber : Inc.com