Menghadapi persaingan yang semakin kompetitif, sangat penting untuk membuat bisnis Anda lebih efisien. Dengan semakin banyak perusahaan berjuang meningkatkan market share, sederhananya tidak ada lagi ruang bagi perusahaan yang tidak merampingkan bisnisnya.

Hal ini terutama berlaku untuk usaha kecil dan menengah, yang beroperasi dengan sumber daya terbatas berbeda dibanding dengan perusahaan lain yang lebih besar.

Christian Abbas seorang blogger dan juga digital marketing enthusiast Columbus UK sebagaimana dilansir dari the-happy-manager.com (12/03) membagikan beberapa tipsnya dalam menggunakan sistem jaringan sehingga bisnis menjadi lebih efisien. Ini akan membantu Anda meminimalkan biaya dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

Menjaga komunikasi yang efektif
Keuntungan memiliki bisnis yang lebih kecil adalah Anda lebih lincah dibanding pesaing Anda yang lebih besar. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengkomunikasikan perubahan bisnis dengan lebih cepat di seluruh perusahaan. Ini sangat penting agar sistem jaringan bisnis Anda aman dan dapat diandalkan, karena apabila terjadi downtime akan sangat merugikan. Memberikan akses informasi secara konstan kepada karyawan akan memungkinkan mereka mendapatkan informasi yang baik karena mereka membuat keputusan bisnis yang penting.

Fasilitasi Kerjasama Tim
Jaringan bisnis yang maju selalu memfasilitasi komunikasi orang-orang dalam tim nya. Pesan dan informasi dapat diakses dengan mudah dan sederhana, sehingga memungkinkan karyawan bekerja lebih efisien sebagai tim, terlepas dari lokasi mereka. Dan jika Anda membuat tim Anda lebih efisien, Anda membuat bisnis Anda lebih efisien!

Streamline CRM
Menyediakan layanan pelanggan yang efisien dan knowledgeable sangat penting untuk membuat pelanggan Anda puas. Anda dapat melakukannya dengan menghubungkan platform customer relationship management (CRM) dengan business phone systems Anda untuk memastikan bahwa komunikasi dengan pelanggan telah optimal. Dengan sistem terpadu, informasi lengkap tentang pelanggan akan langsung muncul di layar saat ada panggilan masuk, hal ini memungkinkan karyawan untuk terlibat dengan pelanggan Anda dengan cara terbaik.

Minimalkan waktu yang tidak produktif
Waktu yang hilang karena perjalanan menjadi perhatian banyak bisnis. Namun, memanfaatkan sebagian besar teknologi, menggunakan software di komputer sehingga bisa bekerja secara remote misalnya, atau sistem telepon bisnis tingkat lanjut dapat memastikan bahwa karyawan Anda tetap produktif, dimanapun mereka berada. Panggilan dapat dengan mudah dialihkan secara otomatis ke perangkat mobile karyawan yang bersangkutan, yang berarti bahwa operasi bisnis dapat berlanjut seperti biasa, bahkan saat mereka berada di luar kantor. Sistem canggih seperti ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi jarak jauh melalui panggilan video dan konferensi web.

Menjaga semangat kerja karyawan
Sistem yang cepat dan handal jauh lebih menyenangkan untuk digunakan daripada yang terasa lamban dan tertinggal. Buatlah orang-orang di organisasi Anda senang dengan teknologi terkini yang mutakhir. Toh, pekerja yang bahagia adalah pekerja yang efisien.

Buat rencana teknologi jangka panjang
Setiap teknologi akan mencapai titik dimana mereka akan tertinggal, dengan perencanaan yang matang Anda dapat meminimalkan hilangnya produktivitas yang diakibatkannya. Rencanakan masa pakai teknologi dalam bisnis Anda sehingga Anda dapat mengetahui kapan waktu untuk meng-upgrade dan melakukan perubahan tanpa menghambat kinerja bisnis Anda.