Ini adalah waktu yang tepat untuk kita melihat masa depan, yaitu dengan melihat tren dan teknologi baru yang akan muncul. Prediksi dari dewan kebijakan dan bisnis global AT Kearney untuk tahun 2019 dapat memberikan gambaran luas dari kekuatan gepolitik dan ekonomi juga adanya teknologi dan peraturan baru yang menyebabkan pergeseran dalam lanskap sosial – ekonomi. Jangan lewatkan 8 prediksi Global AT Kearny di bawah ini sebab banyak prediksi mereka menjadi kenyataan!

  1. Perang Dagang AS-China Akan Semakin Intensif

Istilah “Gencatan senjata” sepertinya tidak bertahan lama, perang dagang AS akan meningkat pada 2019. Kurangnya kemajuan isu-isu kunci mendorong Presiden Trump untuk menaikkan tarif impor ke Cina. Pemerintah AS bahkan dapat mengenakan tarif tambahan atas $267 miliar barang-barang dari Tiongkok,  angka ini mencakup seluruh nilai impor Cina pada tahun 2017 lalu.

  1. Bitcoin Akan Memimpin Pasar Cryptocurrency

Pasar cryptocurrency secara keseluruhan runtuh pada 2018, 10 cryptocurrency terbesar kehilangan lebih dari 80% nilai kolektif mereka antara Januari dan September. Namun, pasar cryptocurrency akan kembali bersinar. Pada akhir 2019, Bitcoin akan memperoleh kembali hampir dua pertiga dari kapitalisasi pasar crypto karena para investor cryptocurency mulai menghindari risiko dari altcoin.

  1. Krisis Sampah Akan Mendorong Inovasi dalam Pengelolaan Sampah

Menurut Bank Dunia, timbunan sampah global akan tumbuh 70 persen antara tahun 2016 hingga 2050, didominasi oleh sampah makanan. Pengakuan krisis sampah global meningkat, bersamaan dengan upaya untuk menciptakan siklus ekonomi yang lebih efisien baik itu dalam mengurangi, menggunakan kembali, ataupun mendaur ulang limbah.

  1. Industri Pelayaran Runtuh Akibat Peraturan Sulfur Baru

Pada 1 Januari 2020, IMO akan memberlakukan larangan kapal menggunakan bahan bakar yang memiliki kandungan sulfur 0,5% atau lebih tinggi. Tersedia opsi bagi kapal untuk membeli “scrubber” untuk mengurangi emisi dari bahan bakar sulfur, biayanya antara $1 juta dan $10 juta per kapal, jadi tidak heran jika armada global yang telah melakukan investasi ini masih di bawah angka 3 %.

  1. Hubungan Xi-Putin Akan Menjadi Bromance Paling Penting di Dunia
Baca juga  Three M (3M), Tiga Istilah yang Kerap Muncul dalam TPM

Rusia masih di bawah beban sanksi AS dan Cina terkunci dalam perang dagang dengan AS. Kedua pemimpin ini saling merangkul  untuk mengimbangi pengaruh Amerika.

  1. Wabah Kecemasan Global Akan Menyebabkan Proliferasi Produk Baru

Pada 2019, akan ada proliferasi produk-produk konsumen untuk mendukung pengobatan gangguan kecemasan dan depresi. Banyak produk yang akan ditawarkan, mulai dari barang-barang terjangkau seperti suplemen dan minyak baru hingga teknologi gadget yang lebih mahal seperti headgear dan electrotherapies.

  1. Ketersediaan Pasir Akan Mengganggu Industri Kontruksi

Pada tahun 2019, kenaikan harga pasir akan memberi tekanan finansial pada industri konstruksi, khususnya di pasar negara berkembang dan perbatasan. Tren ini dapat menyebabkan perlambatan atau pembatalan beberapa proyek.

  1. Afrika Akan Lebih Terkoneksi dari Sebelumnya

Kerja sama intra-Afrika dan integrasi ekonomi akan dipercepat pada 2019. Sementara Afrika akan menjadi lebih terhubung pada 2019, upaya ini memerlukan komitmen bersama dari negara-negara anggota Uni Afrika untuk mewujudkan keuntungan jangka panjang dari konektivitas ekonomi yang lebih baik.

Sumber : IndustryWeek