Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tinggal 5 hari lagi, yuk cari tahu apa saja promo menariknya! 

Ketua Panitia Harbolnas 2018 Indra Yonathan mengatakan Harbolnas 1212 mendatang ditargetkan membekukan transaksi hingga Rp 7 triliun. Tahun ini diyakini Indra sebagai tahun terbesar gelaran pesta belanja online. Berdasarkan informasi yang ada di Wikipedia, Harbolnas di Indonesia pertama kali diinisiasi oleh perusahaan e-commerce yang sudah tergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA) yaitu Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak. Pada tahun keenam penyelenggaraannya, gelaran ini diikuti hingga 300 perusahaan e-commerce. Hal ini menunjukkan bahwa ekosistem digital di Indonesia mengalami perkembangan yang luar biasa cepat.

Harbolnas sendiri juga menjadi salah satu moment yang dinantikan oleh masyarakat luas. Pasalnya, perusahaan –perusahaan e-commerce ataupun marketplace selalu menghadirkan berbagai promo andalan, disertai gimmick menarik lainnya. Menyambut harbolnas 1212, beberapa perusahaan e-commerce seperti Shopee, JD.ID, hingga Lazada Indonesia telah menyiapkan program promo. Agar tidak kehilangan kesempatan, berikut kami bocorkan program mereka untuk Harbolnas 1212, check it out!

Lazada Indonesia, Lazada akan menggelar pesta diskon selama 3 hari yakni dari 10-12 Desember 2018. “Gelaran selama 3 hari, dari 10-12 Desember 2018 dan akan ada tema masing-masing setiap hari,” kata Haikal Anggoro Head of Traffic Management Lazada Indonesia dikutip SHIFT Indonesia dari Kompas. Pada tanggal 10 Lazada akan menghadirkan kembali produk-produk dengan promo bulan sebelumnya, tapi diobral dengan diskon terendah. Kemudian, tanggal 11 Desember 2018 akan menjadi hari “pedagang lokal” atau disebut Festival Karya Anak Bangsa. Sederet produk lokal yang telah mendunia akan ditawarkan dengan diskon hingga 60 persen. Terakhir, atau 12 Desember 2018 akan menjadi puncak acara Harbolnas dengan mengusung tajuk Grand Year End Sale. Selain itu, juga akan ada promo menarik  yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut, hingga 10 kali di setiap harinya.

JD.ID, mereka memperkenalkan ShareBuy sebagai fitur baru untuk menarik pengguna menjelang Hari Belanja Nasional  1212. Fitur bernama ShareBuy ini memungkinkan pengguna untuk membeli barang dengan murah di JD.ID lewat konsep social commerce. Pembeli bisa mendapatkan harga lebih murah dengan mengajak teman membeli barang yang sama via media sosial. Semakin banyak pembeli barang, harganya semakin murah. Untuk bisa bertransaksi, calon pembeli diharuskan memiliki akun JD.ID dan aplikasi mobile e-commerce tersebut. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapat potongan produk hingga 90 persen. Tetapi jika dalam 24 jam tidak ada pembeli lain maka pesanan otomatis dibatalkan.

Baca juga  Sejarah May Day di Indonesia

Shopee, ada beberapa program menarik yang telah disiapkan oleh Shopee untuk menyambut perayaan Harbolnas 12 Desember mendatang. Mulai dari promo gratis ongkir hingga kuis berhadiah total 12M. Kuis ini sudah mulai digelar sejak 19 November 2018 lalu dan di hari H akan ada tambahan sembilan kali kuis. Ada pun kuis Shopee meliputi berbagai pengetahuan yang terdiri dari berbagai pertanyaan dalam satu sesi. Selain itu juga aka nada promo cashback hingga 120 persen dalam bentuk koin Shopee. Pada hari H, pengguna juga bisa bertransaksi gratis ongkir tanpa minimal pembelian ke seluruh Indonesia. Sementara, Goyang Shopee juga akan hadir sebanvak 11 kali sesi goyang dengan total milyaran koin Shopee.

Bukalapak, mengusung tema Serbu Seru, Bukapalak telah memberlakukan diskon sejak awal bulan dan akan berakhir pada tanggal 11 Desember. Bukalapak juga akan menjual produk dengan promo flash deal, melalui promo ini kita bisa mendapatkan produk di bawah harga normal. ***