Kegiatan Kaizen dapat memperbaiki setiap fungsi bisnis, mulai dari manufaktur hingga pemasaran dan dari CEO hingga operator. Nah, dalam artikel kali ini kita akan ulas bagaimana kaizen bisa berpengaruh besar di bidang pemasaran.

Excellent people, perlu diketahui bahwa aktivitas improvement bertujuan untuk meningkatkan suatu proses agar selaras dengan kebutuhan pelanggan. Begitupun di dunia pemasaran, continuous improvement perlu terus dilakukan untuk menyempurnakan strategi pemasaran perusahaan mengingat tren perubahan begitu dinamis. Nah, apa yang dibutuhkan tim pemasaran pada dasarnya adalah memiliki kesadaran akan perubahan dan kemampuan merespons perubahan tersebut secara cepat dan tepat, dan disinilah Kaizen akan menunjukkan peran besarnya.

Kaizen dan Pemasaran

Kaizen adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk memberikan perbaikan (improvement) di area kerja tertentu dan dengan sasaran tertentu. Istilah Kaizen juga dikenal oleh beberapa organisasi sebagai aktivitas continuous improvement atau perbaikan yang dilakukan secara terus menerus. Banyak industri dan bidang pekerjaan yang sudah menerapkan filosofi asal Jepang ini dan mendapatkan manfaat besar melalui perubahan-perubahan kecil yang berjalan konsisten. Ingat, Kaizen bukanlah solusi dalam satu waktu, dan inilah mengapa konsep Kaizen bisa menjadikan tim pemasaran bergerak secara agile. Lebih jelasnya mari kita simak manfaat Kaizen pemasaran pada ulasan di bawah ini,

Mendorong Agility, biasanya rencana pemasaran dibuat secara tahunan, sementara itu perubahan tren pasar bisa saja terjadi dalam hitungan hari. Menggunakan Kaizen, setiap orang akan siap melakukan perubahan, penyesuaian mulai dari proses perencanaan hingga evaluasi hasil pemasaran secara cepat, ini memitigasi bencana akibat memaksakan eksekusi rencana usang. Setiap orang yang terlibat akan menggunakan energi mereka untuk melakukan manuver dengan cepat, setiap ide dan kreativitas akan terus mengalir menjadi inovasi-inovasi baru. Dengan demikian tim bisa secara cepat menemukan kekurangan (ketidakefektifan) dalam aktivitas pemasaran yang dijalankan dan segera memperbaikinya.

Baca juga  Inilah Empat Faktor Penyebab Kegagalan Para Pemimpin

Mengeliminasi Pemborosan, aspek penting dari kaizen adalah bagaimana kita bisa menggunakan lebih sedikit (biaya) untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak. Banyak organisasi benar-benar mengidentifikasi proses, dan berhasil membangun langkah yang efektif untuk menawarkan produk atau layanan yang bernilai kepada pelanggan. Seperti kita tahu, tidak sedikit tim melakukan promosi yang non value-added bagi pelanggannya, misal menyelenggarakan webinar tanpa mempertimbangkan metriks pendukungnya. Disini, bangunlah metriks yang tepat (tentang daya tarik atau persona Anda) secara berkelanjutan untuk mendorong perbaikan. Dengan demikian, Anda hanya akan membuat penawaran atau pemasaran yang menarik dan berharga di mata pelanggan tanpa ada pemborosan!

Bagaimana excellent people, Kaizen luar biasa bukan dampaknya? Penggunaan Kaizen di bidang pemasaran dapat membantu organisasi membuat inisiatif pemasaran yang sukses. Dengan Kaizen, kita dapat menghilangkan pemborosan dalam proses pemasaran dan menjadikan kita lebih fokus dalam membangun nilai untuk pelanggan. Menggunakan Kaizen, kita bisa melakukan pemasaran yang efektif dan efisien.

Mengimplementasikan Kaizen

Metodologi yang digunakan untuk mengimplementasikan Kaizen adalah PDCA (Plan-Do-Check-Act). Melalui empat langkah tersebut kita bisa mengontrol dan meningkatkan proses, atau dengan kata lain mempermudah suatu pekerjaan bahkan ketika terjadi ketidaknormalan.

Siklus PDCA dikenal juga dengan Shewhart Cycle atau Deming Cycle. Tool lain yang dapat digunakan bersamaan dengan PDCA antara lain 5 Whys (root cause analysis), dan dapat divisualisasi dengan menggunakan tabel atau fishbone diagram. Proses ini bekerja dalam situasi dan masalah yang variatif. Kaizen events biasanya direncanakan dengan menggunakan value stream mapping untuk menyasar target yang perlu diimprovisasi.

Beberapa orang mengatakan bahwa kunci sukses Kaizen events adalah perencanaan yang selektif dan matang. Meskipun benar, namun terdapat satu komponen yang sangat krusial yang ikut menjadi penentu kesuksesan Kaizen. Komponen tersebut tak lain adalah: manusia! Untuk itu sebelum melakukan Kaizen, orang-orang yang akan terlibat umumnya mengikuti pelatihan atau training terlebih dulu.

Baca juga  Bagaimana Memotivasi Pekerja di Masa Sulit?

Training ini bisa dilakukan secara in house maupun public dibantu trainer berpengalaman, dan SSCX bisa mengakomodasi keduanya. Jadi bagi kalian yang ingin sukses menjadi change agent di organisasi, atau memiliki tanggung jawab untuk menjalankan Kaizen event, Anda wajib mengikuti pelatihan QCC PDCA 7 Tools, 15-16 Februari 2022. Informasi dan pendaftaran bisa melalui website www.sscxinternational.com. Daftar sekarang ya sebelum kuota penuh!