“Sulit menciptakan sebuah organisasi yang mampu menghasilkan pola pertumbuhan ide yang baik, namun sangat penting sekarang ini sebagai modal yang sangat berharga.”

Ide menjadi sesuatu yang penting bagi siapa pun untuk menghasilkan karya. Sebagai contoh bagi seorang desainer, ide merupakan modal utama untuk membuat desain yang menarik. Ide disini bisa dikatakan sebagai problem solving atau pemecahan masalah. Sehingga mereka dituntut untuk bisa sekreatif mungkin mengembangkan ide menjadi sebuah konsep yang kemudian menjadi desain yang secara visual mempunyai unsur estetika dan menjawab ekspektasi pemesan. Ini hanyalah sebagian kecil dari peran ide. Kalau Anda sebagai pelaku bisnis, bagaimana “ide” ini akan mempengaruhi bisnis Anda? Kali ini kami mencoba untuk mengulasnya.

Ya, ide adalah sesuatu yang sangat menentukan dalam bisnis. Bagaimana sebuah bisnis dibangun, bagaimana sebuah bisnis bisa bertahan, semua tidak bisa lepas dari ide yang dikembangkan. Ide dan kreativitas selalu menjadi hal yang berharga. Sebuah ide bagus bisa menempatkan perusahaan di atas. Kita bisa melihat bagaimana perkembangan bisnis iPhone di Apple, dengan memiliki sejumlah ide yang bagus membuat perusahaan ini tetap di depan para pesaingnya selama bertahun-tahun.

Tetapi saat ini masih banyak perusahaan yang memfokuskan sumber daya nya untuk menemukan cara untuk mendapatkan keuntungan dari operasional yang ada daripada menciptakan bisnis baru. Banyak organisasi yang secara implisit atau eksplisit mencegah pengambilan risiko, membatasi keinginan karyawan mereka untuk menerapkan gagasan pertumbuhan baru. Akibatnya perusahaan akan kekurangan ide yang baik untuk pertumbuhan.

Bagi perusahaan yang mendorong inovasi mengambil langkah untuk mengatasi hambatan organisasi tersebut. Mereka menciptakan waktu bagi karyawan untuk mencurahkan pada proyek baru. Tidak jarang perusahaan menerapkan berbagai metode perbaikan untuk mengembangkan bisnisnya. Mereka akan memberikan waktu khusus di luar jobdesk mereka untuk memikirkan proyek-proyek perbaikan yang mungkin dilakukan baik dengan supervisi maupun tidak.

Mereka menghargai pengambilan risiko, dengan mendorong para eksekutif untuk menangkap pelajaran dari upaya singkat yang muncul dan kemudian mengimplementasikannya ke proyek kecil untuk perbaikan yang cepat. Hampir semua Top Management memberikan otonomi dan wewenang kepada karyawan mereka untuk membawa gagasan baru ke perusahaan.

Perusahaan menyadari ide sebagai modal yang sangat berharga untuk masa depan bisnis. Jadi sudahkan Anda menerapkan pola pertumbuhan ide yang baik di perusahaan Anda?

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.