Tahukah Anda, SDM menjadi kunci utama Danaher mempertahankan keunggulan bisnis dari waktu ke waktu? Selain dikenal sebagai pabrikan handal, Danaher juga memiliki budaya organisasi yang kuat dan orang-orang yang berintegritas. Kondisi prima ini tidak terjadi begitu saja, pasalnya perusahaan mengeluarkan investasi yang tidak sedikit di bidang SDM untuk mengembangkan pemimpin atau leaders di perusahaan.

Dimulai dari proses perekrutan yang transparan, Danaher memberikan kesempatan dan harapan tinggi kepada setiap pemimpin di perusahaan untuk mengembangkan talent di bawahnya. Selain bakat, Danaher juga menyaring karakter setiap karyawannya. Mengutip Industryweek, Danaher menyukai humility atau kerendahan hati dan menjunjung tinggi transparansi. Sebab, orang yang rendah hati lebih cenderung mengadopsi keseluruhan konsep budaya untuk perbaikan berkelanjutan. Perusahaan juga memberikan kompensasi kepada orang-orang yang berprestasi tinggi sehingga mereka tetap termotivasi dan meningkatkan retensi.

Sementara itu, para manajer yang berkinerja tinggi tetapi gagal mengembangkan talent (penggantinya) biasanya tidak akan mendapatkan promosi. Di Danaher, mengembangkan talent adalah salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan manajer, mereka yang gagal akan dikeluarkan. Dengan kata lain, jika pergantian karyawan tinggi atau keterlibatan karyawan turun maka dapat disimpulkan si manajer yang menjadi penyebab utamanya.

Apa yang bisa kita pelajari disini? Sisi positif dari kebijakan ini adalah membuat setiap orang memberikan upaya terbaik. Karyawan akan melihat akuntabilitas sebagai hal yang sangat penting sehingga mereka tidak hanya akan fokus pada hasil jangka pendek tetapi juga memiliki pemahaman yang baik akan pentingnya membangun budaya organisasi yang kuat. Namun, untuk menciptakan akuntabilitas bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu waktu dan proses komunikasi serta diskusi langsung yang melibatkan karyawan di semua level. Untuk itu, pemimpin harus memiliki semangat dan daya tahan tinggi sehingga berhasil melewati semua proses tersebut.

Baca juga  Inilah Cara Mempelajari Lean Six Sigma dalam Waktu Singkat

Menjadi Pemimpin Sejati

Kepemimpinan adalah tentang bagaimana mengembangkan orang dan membantu orang lain mencapai potensi yang mereka miliki sepenuhnya. Kepemimpinan adalah tentang memfasilitasi semua orang dengan alat dan strategi yang tepat bukan hanya untuk memaksimalkan kesuksesan organisasi, melainkan juga untuk semua anggota timnya. Kepemimpinan adalah tentang menghilangkan semua penghambat dan memimpin orang lain melewati masa depan yang tidak pasti.

Pemimpin-pemimpin terbaik tidak hanya berhasil membantu tim mereka meraih kesuksesan, mereka juga sangat peduli terhadap semua anggota timnya. Ada sejumlah besar kualitas yang salah satunya merupakan keharusan yang dibutuhkan untuk bisa menjadi pemimpin yang hebat, yaitu semangat untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh setiap anggota timnya. Saat pemimpin mulai mengubah semua anggotanya secara individual, maka dia juga akan mengubah organisasinya secara keseluruhan.

Seperti halnya atlet yang harus berlatih setiap harinya untuk meningkatkan kompetensi mereka, pemimpin juga harus memiliki mentalitas yang sama untuk mampu menjadi lebih efisien dalam mengubah dan menginspirasi seluruh tim, termasuk juga menemukan solusi dari setiap permasalahan yang mereka hadapi.

Siapkah Anda menjadi pemimpin sejati? SSCX International akan mengadakan pelatihan online Leadership for Productivity, pada tanggal 22-23 October 2020. Dalam pelatihan ini kita akan belajar banyak hal penting tentang kepemimpinan yang efektif dan berhasil. Untuk mendapat informasi lebih lanjut tentang pelatihan ini, Anda bisa menghubungi tim SSCX di event@sscx.asia atau 08175763021.

Tidak peduli banyak atau sedikit anggota tim yang Anda pimpin, fokus mengembangkan dan menginspirasi seluruh anggota tim untuk mencapai kesuksesan itulah kepemimpinan sejati.