Tim adalah sekelompok individu yang bekerja menuju tujuan bersama. Sebagian besar anggota tim biasanya memiliki banyak kesamaan mulai dari minat, proses berpikir, sikap, dan persepsi. Nah, pemimpin tim harus mengarahkan semua hal tersebut ke dalam tujuan bersama.

Di era modern seperti saat ini, untuk bisa memberi dan menjaga kualitas (produk/jasa) perlu peningkatan berkelanjutan (continuous improvement) yaitu terkait efisiensi dan produktivitas sumber daya manusia yang terlibat di dalamnya. Dalam hal ini, merekrut talent-talent yang tepat dan memberi mereka kesempatan untuk tumbuh bisa menjadi solusi.

Namun tidak berhenti disana, pemimpin tim harus mampu terlibat dengan tim, tidak hanya fokus menyelesaikan tugas tetapi juga mampu mendorong hasil. Lalu apa saja yang harus dilakukan pemimpin untuk bisa meningkatkan kinerja tim?

Memilih komposisi tim yang tepat: Anggota tim harus dipilih dengan cermat. Tim kecil dapat membuat keputusan lebih cepat dan pendapat setiap individu dapat didengar, sehingga menciptakan pengaruh positif pada ikatan tim. Adalah penting memiliki orang-orang dengan berbagai jenis keterampilan dan kemampuan.

Membangun Komunikasi Efektif : semua anggota di dalam tim harus bergerak dinamis untuk mencapai visi dan selalu termotivasi menuju tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Komunikasi yang efektif dan berkualitas menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan dinamika tim yang pada akhirnya akan membawa hasil positif bagi tim.

Meningkatkan kepercayaan: Selain membangun hubungan positif dan sehat dengan semua anggota tim, seorang pemimpin harus tahu cara membantu anggota menjadi lebih fokus dalam melakukan pekerjaan. Dalam hal ini meningkatkan kepercayaan tim dan memberi inspirasi menjadi salah satu sarana yang efektif.

Baca juga  7 Komponen Penting dalam Data Collection Plan