Awalnya, bisnis lebih menekankan kualitas produk sehingga banyak pelaku bisnis lebih produk-sentris. Namun seiring berjalannya waktu dan perubahan yang banyak terjadi, kini menjadi pelanggan-sentris jauh lebih penting. Artinya saat bisnis Anda fokus pada pelanggan dengan memahami kebutuhannya. Anda memperhatikan kepentingan pelanggan dan Anda dapat menangani keluhan, memperbaiki dan mengatasi masalah, dan melayani setiap pelanggan.

Ada perbedaan yang besar antara produk sentris dan pelanggan sentris. Penting untuk memahami perbedaannya untuk mengetahui bagaimana menjalankan bisnis Anda dengan benar dan memahami pelanggan. Sebuah perusahaan produk-sentris akan menempatkan semua fokus pada sebuah produk dan mencoba menjual produk sebanyak-banyaknya kepada pelanggan. Sedangkan perusahaan yang mengutamakan pelanggan-sentris fokus hanya pada pelanggan yang sesuai dengan target pasar dan memberikan pelayanan yang maksimal serta mengedepankan loyalitas pelanggan untuk terus menggunakan produknya.

Meski keduanya agak sulit dibedakan, keduanya membuahkan hasil yang sangat berbeda. Mana yang Lebih Berkelanjutan?

Sebuah perusahaan produk-sentris akan datang dan pergi hanya dengan produknya. Bila produk yang terdahulu populer tidak lagi populer, perusahaan juga perlu menghasilkan produk lain. Jenis perusahaan ini hanya bertahan selama produk tersebut bertahan dan akan mati seiring berjalannya waktu. Sulit bagi perusahaan produk-sentris untuk terus menghasilkan produk baru dan tidak setiap produk baru selalu laku di pasaran.

Sedangkan perusahaan pelanggan-sentris lebih cenderung berkelanjutan karena perusahaan itu sendiri berada dalam situasi yang lebih baik serta dapat merespons produk atau layanan yang gagal dengan lebih baik. Jenis perusahaan ini dapat menyesuaikan upayanya atau menawarkan berbagai layanan kepada pelanggan untuk mempertahankannya, jenis produk yang tepat dapat dibuat untuk setiap jenis pelanggan.

Fokus pada yang Terbaik
Di perusahaan pelanggan-sentris, Anda selalu memastikan bahwa Anda berfokus pada pelanggan terbaik yang Anda miliki. Tidak setiap pelanggan sejalan dengan waktu atau usaha Anda. Anda ingin menargetkan pelanggan yang lebih dari sekedar pelanggan rata-rata. Keuntungan dari pelanggan sentris adalah Anda dikelilingi oleh pelanggan terbaik.

Dalam bisnis yang berfokus pada pelanggan, Anda perlu menyesuaikan pelanggan berdasarkan nilai pengalaman mereka. Ini adalah nilai perkiraan yang akan mereka butuhkan, semakin tinggi nilainya semakin Anda dicari oleh pelanggan terbaik Anda.

Tempatkan Fokus Penting
Saat anda memilih untuk menjadi pelanggan-sentris,penting untuk mengembangkan dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik. Sebuah perusahaan pelanggan-sentris mungkin akan berjalan lebih lambat pada awalnya, namun secara keseluruhan mereka akan lebih mendapatkan keuntungan secara permanen karena mereka dapat beradaptasi dan memberikan lebih banyak keuntungan juga untuk pelanggan mereka.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.