Persaingan bisnis transportasi yang terus bergerak dinamis, tidak membuat PT Blue Bird, Tbk (BIRD) mundur. Sejumlah perbaikan pun terus dilakukan untuk membuat kemajuan bisnis perusahaan.

Rencana Blue Bird untuk melebarkan bisnisnya ke sektor logistik masih belum terealisasi karena terganjal beberapa persoalan. Meski rencana yang sudah disiapkan sejak tahun 2017 lalu masih menjadi pekerjaan rumah, Blue Bird telah membuat langkah strategis lainnya guna mendongkrak kinerja perusahaan tahun ini. Sebelumnya BIRD juga melakukan efisiensi, mengurangi beban keuangan perusahaan dengan menjual sekurangnya 2.000 unit taksi. Lalu apa saja yang telah mereka lakukan dalam kuartal pertama tahun ini?

1. Melakukan Kerjasama dengan Mc.Donald
Blue Bird melakukan kerjasama dengan restoran cepat saji McDonalds untuk memberikan nilai tambah bagi para pengguna aplikasi My Blue Bird dan McDelivery online dengan memberikan potongan harga. Selain itu, program ini juga memberikan berbagai nilai tambah bagi para pengemudi beserta keluarganya melalui program Drive Thru, Birthday bersama McDonalds, Awarding Road Stars dan program National Breakfast Day.

2. Memperluas Mitra Kerjasama
Kerja sama yang telah dilakukan dengan aplikasi transportasi berbasis online memberikan dampak yang baik bagi kinerja Blue Bird. Sejak tahun lalu mereka telah melakukan kerjasama dengan Go-Jek dan Traveloka. Pada tahun ini persereon pun akan meningkatkan pendapatan perseroan dengan melakukan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan startup.

3. Terus Melakukan Ekspansi
Perusahaan terus mengkaji wilayah baru yang potensial untuk melakukan ekspansi pasar. Saat ini Blue Bird tengah mengkaji daerah Jawa dan Sumatera. Selain itu, perusahaan juga terus melakukan ekspansi dengan armadanya. Armada yang dimiliki Blue Bird saat ini meliputi regular taxi, blue bird life careexecutive taxilimousine and car rental, serta charter bus. Perusahaan akan menggiatkan ekspansi untuk taksi reguler. Hingga saat ini mereka memiliki sekitar 300 unit taksi regular (replacement) yang menggunakan mobil transmover Toyota dan akan terus melakukan ekspansi di sektor ini dan juga menggembangkan armada lainnya.

4. Merekrut Direktur Keuangan Baru
Blue Bird mengangkat Sandy Permadi sebagai direktur keuangan baru perseroan sejak Jum’at lalu (23/2).  Mantan direktur keuangan Lazada ini dipercaya untuk mengembangkan bisnis digital finance maupun ritel online dan logistik agar lebih sesuai dengan perubahan bisnis yang terjadi saat ini.

Baca juga  Kartu SIM Elektronik Sudah Mulai Dikembangkan, Bagaimana Dengan Indonesia?