Sebagai pemilik bisnis, tentu Anda tak ingin bisnis Anda begitu-begitu saja, tanpa peningkatan yang berarti, bukan? Sementara sehat tidaknya bisnis Anda, tergantung dari kelancaran rangkaian project di dalamnya. Karena itulah semua organisasi atau perusahaan sangat mementingkan penyelesaian project yang baik untuk meraih tujuan perusahaan.

Setelah sebelumnya SHIFT membahas pentingnya “kick-off meeting” untuk sebuah project baru, ada baiknya kini kita menilik sekilas pentingnya project management untuk peningkatan terus menerus dalam bisnis Anda.

Tahapan Project
Project dijalankan, diawasi dan dipantau oleh manajer proyek, yang bertugas memastikan bahwa semuanya tetap berjalan sesuai dengan tenggat waktu. Project biasanya dapat dibagi menjadi lima langkah utama:

  1. Langkah pertama adalah inisiasi dan evaluasi project. Evaluasi project dilakukan dengan melakukan analisis biaya dan manfaat serta memutuskan apakah project harus dilanjutkan atau tidak.
  2. Langkah kedua disebut sebagai tahap perencanaan, yang terdiri dari penetapan tujuan dan pembentukan tim project.
  3. Langkah ketiga dalam sebuah project adalah peluncurannya/launching. Selama fase ini anggota tim diberi tugasnya masing-masing.
  4. Langkah keempat adalah tahap pemantauan, dengan melibatkan manajer project yang mengawasi pekerjaan yang sedang dilakukan.
  5. Tahap kelima adalah penyelesaian project, yang menandai penghentian project dan mengevaluasi sejauh mana pencapaian tujuannya.

Manajer Project
Kekuatan dan kualitas manajer project sangat penting bagi keberhasilan keseluruhan project. Maka dari itu, adalah penting bahwa manajer project adalah komunikator yang efektif dan dapat menyampaikan kepada anggota project apa yang diharapkan secara konstruktif serta memberi semangat kepada mereka. Manajer project yang efektif biasanya memiliki pengetahuan yang luas mengenai ruang lingkup project serta bagaimana kaitannya dengan tujuan dan nilai perusahaan secara keseluruhan.

Ada serangkaian alat dan teknik yang sangat berharga bagi manajer project untuk dimanfaatkan bersama anggota tim mereka. Brainstorming adalah alat kreatif yang dirancang guna mendorong anggota tim untuk saling memberi gagasan kepada anggota tim lainnya. Alat lainnya adalah teknik Critical Path Analysis, yang bertujuan menciptakan flow chart dan timeline project tersebut.

Dalam mengelola project, Anda perlu melacak masalah yang ditemukan selama project dan kemajuan yang telah dicapai. Anda dapat membuat “List 30 Hari” yang sederhana dapat digunakan untuk mencatat dan memastikan aktivitas yang dilakukan dan siapa yang ditugaskan, seiring dengan progresnya. Selain itu, komponen yang berada dalam teknik ini adalah Program/Project Evaluation and Review Technique (Program / Evaluasi Proyek dan Teknik Peninjauan) atau disingkat PERT. Kedua alat ini sangat membantu dalam menciptakan representasi visual untuk tugas yang perlu diselesaikan guna menyelesaikan project.

Project merupakan aspek penting dari operasi bisnis atau organisasi manapun. Terlepas dari produk atau layanan yang diberikan oleh perusahaan, hal itu bisa mendapatkan keuntungan dari delegasi project. Peran manajer project menuntut pengetahuan luas setiap tahapan project serta penggunaan alat dan teknik yang tepat. Manajer project merupakan bagian penting dari keberhasilan project yang telah selesai. Semakin baik seseorang dalam mengelola project, semakin sukseslah proyek Anda secara berkelanjutan.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.