Orang-orang sukses memiliki kisah kegagalan yang luar biasa. Tidak sedikit dari mereka dengan berani membagikan kisahnya sehingga kita dapat belajar bahwa kegagalan bisa membentuk setiap orang menjadi lebih tangguh.

Seperti yang dikatakan oleh setiap pemimpin sukses, mereka membuat banyak kesalahan dalam perjalanan karier mereka. Mereka mengakui itu semua dan mengatakan bahwa mereka telah mengambil keputusan yang buruk. Namun, dari sinilah mereka mendapat pelajaran berharga yang membuat mereka melihat peluang dan mengantisipasi hal yang tak terprediksi dengan lebih cepat.

Mungkin bisa dikatakan mereka yang sukses cukup transparan untuk mengakui kesalahan sehingga orang-orang di sekitarnya bisa ikut belajar.  Ya, kesalahan adalah bagian penting dari kepemimpinan, namun perlu digarisbawahi bahwa kesalahan bukanlah hal yang diharapkan.

Pendekatan ini bisa membuat pemimpin memiliki sudut pandang berbeda, yang jauh lebih luas dalam mengenali masalah, mengenali suatu proses yang tidak berjalan sesuai rencana untuk kemudian mengaturnya kembali. Kuncinya adalah evaluasi dan mau belajar dari kesalahan.

Membangun Keterampilan Hadapi Kegagalan

Bisa kita lihat, pemimpin-pemimpin yang sukses selalu tumbuh dari pengalaman termasuk pahitnya kegagalan. Dan menariknya, cara menghadapi kegagalan bukanlah keterampilan yang diajarkan melalui kurikulum pendidikan.

Mempertimbangkan pentingnya keterampilan ini, Ashley Good, CEO Fail Forward dalam artikelnya di weforum.org membagikan tips untuk membantu kita belajar dan tumbuh dari kegagalan.

1. Melihat kesuksesan dan kegagalan sebagai dua sisi mata uang yang sama. Ada dua kecenderungan yang dimiliki manusia terkait kesuksesan dan kegagalan. Pertama, ketika sukses maka itu karena kita (yang hebat). Kedua, ketika gagal maka itu berkaitan dengan faktor eksternal, kesalahan orang lain misalnya. Tentu saja setiap yang kita lakukan akan memiliki elemen keberhasilan dan kegagalan, dan sebaiknya kita siap untuk bertemu dengan keduanya dengan sikap yang sama.

Baca juga  Lupakan Cara Lama, Coba Teknik Ini untuk Berinovasi

2. Mencari penyebab masalah bukan siapa yang salah. Ketika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana, ada baiknya meluangkan beberapa saat untuk mempertimbangkan alasan “mengapa”. Memperdalam pemahaman kita tentang urutan peristiwa yang mengarah ke kegagalan di masa lalu dapat membantu kita melihat adanya peluang untuk menghentikannya dan mendapatkan cara untuk mencegah kesalahan serupa di masa depan.

Teknik 5 Whys atau bertanya “mengapa?” lima kali akan sangat membantu Anda menemukan beberapa akar penyebab masalah. Ingat fokusnya disini adalah membangun pemahaman tentang apa saja yang berkontribusi pada kegagalan, bukan untuk menemukan seseorang atau sesuatu untuk disalahkan.

3. Mengubah pembelajaran individu menjadi perubahan nyata. Banyak organisasi memiliki proses belajar dari kegagalan, namun tidak semua dimanfaatkan untuk mencegah kesalahan di masa mendatang. Apapun proses pembelajaran yang Anda gunakan saat ini, pastikan semua memiliki akuntabilitas. Intinya terjemahkan setiap pembelajaran ke dalam perubahan organisasi kemudian dorong diri Anda dan tim Anda untuk beradaptasi. Jika tidak, maka apa yang berhasil Anda perbaiki saat ini tidak akan bertahan lama.

4. Melihat kegagalan sebagai peluang. 

Tidak sedikit orang lebih memilih mundur setelah mencoba sesuatu dan tidak berhasil. Mereka memilih berhenti dan tidak lagi berani ambil risiko. Nah, kemampuan untuk berinovasi dan mengambil resiko inilah yang perlu kita tumbuhkan melalui pengalaman kegagalan. Pindahkan fokusmu, dari sebelumnya melihat kegagalan sebagai kerugian menjadi peluang untuk menjadi lebih baik, bingkai sebagai eksperimen dimana tujuannya adalah pembelajaran.

5. Cerdas berinvestasi waktu dan sumber daya. Jika orang lain perlu memahami kegagalan yang terjadi untuk menghindari kesalahan serupa, maka pembelajaran tidak boleh tertutup. Pertimbangkan lebih dulu penyebab dan konsekuensi dari suatu kegagalan, hal ini akan membantu kita menentukan berapa banyak dan orang mana yang harus dilibatkan dalam proses pembelajaran serta bagaimana mengubah pembelajaran itu menjadi perubahan yang sukses.

Baca juga  Agar Semua Orang Melakukan Improvement Setiap Hari

NB: Excellent people, SHIFT Indonesia juga hadir dalam bentuk majalah digital, kamu bisa mendapatkannya DISINI