Di era digital, kolaborasi menjadi prinsip utama dalam pengembangan produk. Facebook, salah satu media jejaring sosial terbesar di dunia, meluncurkan “Workplace” sebuah layanan messaging dan sosial media baru untuk segmen korporasi dan para profesional. Jejaring sosial baru ini bisa digunakan di internal perusahaan.

Selama ini Facebook menghubungkan teman dan keluarga, melalui workplace rekan kerja juga akan terubungkan. Tampilan Workplace mirip Facebook dengan news feed reactions, trending post serta fitur video streaming dan messaging. Pengguna bisa berbagi di dalam grup atau melalui layanan chatting.

Produk layanan messaging untuk keperluan profesional menjadi kebutuhan di tengah arus perkembangan teknologi digital. Nantinya, fitur shared space akan melengkapi workplace, memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan perusahaan lain. Saat ini fitur company groups merupakan ruang yang dapat dimanfaatkan karyawan berbagai perusahan untuk saling berkolaborasi saat mengerjakan sebuah proyek.

Facebook secara tak langsung menjamin proses kolaborasi antarperusahaan berjalan aman. Pun, telah terintegrasi dengan Google G Suite, Okta, OneLogin, Ping dan Windows Azure AD.

Facebook mengenakan biaya langanan untuk Workplace berdasarkan pengguna aktif bulanan di perusahaan sebesar 3 dollar AS untuk seribu pengguna pertama, 2 dollar untuk pengguna ke seribu satu sampai sepuluhribu, dan 1 dollar AS untuk jumlah seterusnya. Saat ini para pengguna workplace telah membuat 100.000 grup, serta ratusan ribu pegawai pada tiap perusahaan. Workplace bisa digunakan dalam versi desktop dan mobile.

Workplace berangkat dari gagasan untuk merampingkan intranet perusahaan, mengurangi kebutuhan media komunikasi internal. Selama satu tahun Facebook menguji Workplace bersama seribu perusahaan di seluruh dunia. Selain memiliki kemiripan tampilan dengan Facebook, Workplace menawarkan fitur yang ramah perusahaan semisal analisis dashboard, dukungan single sign-on dan kemampuan kerjasama dengan penyedia identitas yang aman.

Workplace gratis untuk lembaga non profit atau institusi pendidikan. Untuk organisasi bisnis Facebook memberikan percobaan gratis selama tiga bulan. Benefit yang bisa diterima langsung oleh pengguna antaralain ruang penyimpanan file, foto dan video yang tak terbatas. Selain itu jumlah tim dan proyek grup tak terbatas, termasuk alat-alat pemantau tim TI dan dukungan administrasi. []

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.