Berorientasi pada pelanggan merupakan sebuah keharusan karena pelanggan adalah segalanya, tanpa mereka, bisnis tidak berjalan. Namun berorientasi pada produk itu penting, karena artinya kita mengedepankan kualitas produk yang kita hasilkan untuk kepuasan pelanggan juga. Lalu, mana yang lebih penting, dan harus dikedepanan terlebih dahulu?

[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]
Perbedaan antara orientasi konsumen dan orientasi produk terletak pada pendekatan pesan yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tidak ada perusahaan yang terpaksa memilih di antara keduanya. Sebenarnya, campaign terbaik adalah yang mencakup kedua nya dan menjangkau khalayak seluas mungkin. Saat Anda tidak dapat menggunakan kedua jenis pesan tersebut, penting untuk menguji untuk melihat pendekatan mana yang lebih persuasif dengan audiens Anda.

Orientasi pada Konsumen
Pesan yang berorientasi pada konsumen, terkadang disebut pesan berorientasi pasar, didefinisikan oleh Business Dictionary sebagai komunikasi yang berfokus pada kebutuhan konsumen. Misalnya, papan iklan yang berorientasi konsumen membahas bagaimana sebuah produk dapat digunakan oleh konsumen untuk mengatasi masalah yang sering dihadapi konsumennya. Contohnya pesan pemasaran berorientasi pada konsumen untuk body lotion yang mengatakan, “Membuat kulit kering Anda halus, halus dan terhidrasi dengan hanya satu aplikasi.” Pesan ini mengedapkan bahwa produknya memiliki manfaatnya langsung untuk konsumennya.

Orientasi Produk
Pesan berorientasi produk didefinisikan oleh Business Dictionary sebagai komunikasi yang berfokus pada kualitas produk. Pesan pemasaran lebih teknis dan rinci. Misalnya, pesan pemasaran berorientasi produk untuk body lotion, “Lotion kami dibuat dengan semua bahan alami seperti lidah buaya, bahan alami dan air.” Jenis pesan ini sangat bagus untuk konsumen yang memiliki kebutuhan sangat spesifik, seperti jika Dia membutuhkan krim dari lidah buaya untuk kulitnya.

Integrasikan keduanya!
Integrasikan dua jenis pesan ke dalam keseluruhan kampanye untuk hasil terbaik. Basis konsumen Anda mungkin terdiri dari dua kelompok orang, satu yang dibujuk oleh pesan berorientasi konsumen dan pesan lain yang digerakkan oleh pesan berorientasi produk. Jangan mengasingkan satu kelompok dengan tidak memiliki pesan yang berbicara dengannya. Buat template untuk setiap iklan Anda dalam sebuah campaign. Template digunakan untuk membuat dua versi dari setiap iklan, satu dengan pesan yang berorientasi konsumen dan satu dengan pesan berorientasi produk.