Apapun jenis bisnis yang Anda jalankan, peran vendor, konsultan, pihak ketiga atau semacamnya punya peran penting tersendiri untuk perkembangan bisnis Anda. Namun meskipun Anda telah mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan, tetap saja memilih vendor yang tepat tidaklah mudah, mengingat harus dilandasi dengan pertimbangan yang kuat.

Berikut beberapa tips dari SHIFT Indonesia yang dapat membantu Anda dalam memilih vendor:

1.Cek daftar klien

Dari banyaknya klien yang pernah vendor tangani, Anda bisa menilai pengalaman dan jam terbangnya. Tak hanya itu, Anda juga jadi bisa menilai track record sang vendor dari klien-klien yang sebelumnya sudah pernah bekerjasama dengannya.

2. Rekomendasi

Setelah yakin setalah mengecek daftar kliennya, akan lebih baik lagi jika Anda bisa mendapatkan informasi mengenai sang vendor dari pihak yang pernah bekerjasama, apakah mereka puas atau tidak. Jika mereka merekomendasikannya pada Anda, kemungkinan vendor tersebut memang layak.

3. Jaringan yang luas

Semakin luas jaringan yang dimiliki oleh vendor, berarti semakin besar perusahaannya sehingga lebih dapat dipercaya. Tak hanya itu, dengan memiliki jaringan yang luas, biasanya vendor dapat membantu Anda dalam hal-hal lain yang diperlukan. Misalnya, saat Anda membutuhkan layanan di luar bidangnya, ia bisa mengenalkan Anda kepada pihak lain yang dapat membantu Anda.

4. Jujur

Alangkah baiknya jika vendor yang Anda gunakan terbuka dan jujur sejak awal Anda berkomunikasi dengannya. Vendor yang terbuka mengenai apa yang dapat dilakukan dan apa yang tidak bisa dilakukannya, jauh lebih baik daripada vendor yang kesulitan menepati janjinya. Gunakan intuisi Anda untuk hal ini.

5. Harga dan pembayaran

Pada akhirnya, harga jugalah yang menentukan segalanya. Karena bagaimanapun juga, Anda harus memilih vendor yang harganya masuk akal dan sesuai dengan budget perusahaan Anda. Cara pembayaran pun harus dipertimbangkan untuk kenyamanan Anda. Ada vendor yang mengharuskan Anda membayar uang muka, namun ada juga yang memungkinkan Anda untuk membayar setelah semua pekerjaan selesai.

Baca juga  Peran Penting Lean dalam Proses Inovasi

Semoga pertimbangan di atas dapat membantu Anda dalam memilih vendor. Jika saat ini Anda tengah kebingungan memilih konsultan bisnis untuk melakukan perbaikan proses, SSCX International bisa menjadi opsi terbaik Anda. SSCX International terbukti memiliki rekam jejak yang mumpuni dan telah berhasil memberikan business result secara nyata kepada ratusan organisasi di Asia Pasifik, mulai dari perusahaan besar yang terdaftar dalam Fortune 500 hingga produsen kecil. Tunggu apalagi, segera klik www.sscxinternational.com dan jadwalkan pertemuan Anda dengan ekspertis mereka sekarang juga!