Mengenali pasar saja tidak cukup, perusahaan yang ingin menjadi branding company harus memahami bagaimana memperkuat jalur distribusi dan berani mengubah cara berfikirnya. Ini lah yang menjadi modal dasar PT Federal Karyatama, produsen dengan merek Federal Oil bertranformasi menjadi produsen oli yang mendunia.

Salah satu faktor pendorongan yang menjadi pemicu utama transformasi adalah adanya dorongan eksternal. Yaitu pada saat AHM memutuskan untuk punya oli sendiri. Mengingat sebelumnya Federal adalah produsen genuine oil, melakukan penjualan di bengkel-bengkel resmi. Federal harus bangun dari zona kenyamanan, menjadi produsen sekaligus marketer. Tantangan jelas di depan mata, dimulai dari Branding.

Sebagai produsen, branding adalah salah satu penentu kesuksesan produk bisa diterima konsumen. Lalu bagaimana strategi Federal Oil dalam melakukan Branding hingga mempunyai pasar yang besar seperti sekarang? Mungkin ini bisa menjadi referensi bagi Anda. Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama, mengungkapkan nilai dasar dalam strategi branding Federal adalah produk yang berkualitas. Dengan modal 22 tahun di dunia produksi pelumas untuk Honda, mengembangkan produk sesuai keinginan bukan lagi menjadi masalah. Didukung Lab Produksi Pelumas yang masuk kategori paling canggih di Indonesia dan R&D serta kepemilikan pabrik sendiri otomatis produk yang dihasilkan pun mempunyai garansi kualitas tinggi.

Selanjutnya produk yang berkualitas perlu di bungkus, yaitu melalui branding dan packaging. Dari sinilah Federal harus bergelut dengan tim advertising. Sekali lagi Patrick menegaskan bahwa belum tentu semua produk bisa di branding. Kualitas tetap menjadi nilai. Akan menjadi berat apabila brand melawan tren massa. Ketika pelanggan memakai suatu produk dan kecewa, maka bisa dipastikan mereka tidak akan pernah kembali memakainya.

[cpm_adm id=”11945″ show_desc=”no” size=”medium” align=”left”]

Melihat strategi yang dijalankan oleh Federal dalam membangun sebuah Brand, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa kualitas menjadi nilai utama suatu produk, namun tanpa adanya upaya branding atau advertising pelanggan tidak akan melirik produk tersebut. Dan kembali ke perilaku pelanggan bahwa pengalamanlah yang akan menjadikan mereka kembali menggunakan produk Anda.

Untuk membantu Anda mengetahui bagaimana menciptakan pengalaman pelanggan Majalah Shift akan menyelenggarakan 1 Day Seminar “HOW TO CREATE AND MANAGE A PERFECT CUSTOMER EXPERIENCE” di JS Luwansa Hotel Jakarta, 29 Maret 2016. Daftarkan Anda dan rekan Anda, TEMPAT TERBATAS!

More information please visit www.opexcon.com or 021 576 3020