Budaya perusahaan Anda mendukung atau malah menghambat inovasi?

Tidak mudah untuk mendapatkan jawaban ini. Perusahaan seringkali menunjukkan komitmen terhadap inovasi melalui peningkatan anggaran R&D dan membangun departemen khusus inovasi yang ditugaskan untuk membantu menciptakan lingkungan yang inovatif. Padahal, perusahaan tidak akan menghasilkan terobosan dengan membuat departemen inovasi.

Pada dasarnya, inovasi hanya akan terjadi ketika kreativitas di seluruh organisasi termobilisasi dengan baik. Perusahaan harus memiliki lingkungan yang berkelanjutan dimana inovasi dapat tumbuh dengan cepat, atau Bioma Inovasi seperti yang disebut oleh Penulis Kumar Mehta dalam bukunya, The Innovation Biome.  

Belajar dari Amazon

Amazon merupakan salah satu perusahaan yang paling inovatif dalam dua puluh tahun terakhir. Mereka membangun lingkungan yang memungkinkan inovasi terjadi sepanjang waktu dan dimana pun di seluruh organisasi. Namun, jika kita lihat dari besaran investasi ternyata merekan bukanlah perusahaan teratas di dunia yang berinvestasi tinggi dalam hal R&D. Bisa kita lihat dari pengeluaran R&D tahun 2017 lalu yang dilaporkan sebesar  $329 juta dari total pendapatan saat ini yang lebih dari $200 miliar.

Namun, sebenarnya tidak ada perusahaan yang berinvestasi melebihi Amazon dalam pengembangan nilai pelanggan,inovasi,  dan R&D. Amazon setidaknya menghabiskan sekitar $23 miliar untuk R&D. Hanya saja R&D Amazon disini bukanlah kegiatan terpisah seperti yang disebut dalam laporan keuangan. Mereka menyebutnya sebagai bagian dari bisnis hariannya yang berkelanjutan. Dengan kata lain, inovasi melekat di semua hal yang dilakukan perusahaan.

Model bisnis di Amazon mendorong penelitian, desain, pengembangan, dan pemeliharaan simultan atas produk dan layanan baru dan yang sudah ada. Inovasitidak dilakukan sebagai kegiatan terpisah, inovasi menjadi pusat dari setiap kegiatan itu sendiri.  Pendekatan inilah yang membuat Amazon berbeda dengan perusahaan-perusahaan lain. Dalam suratnya kepada pemegang saham di tahun 2013 lalu, Jeff Bezos menyatakan bahwa “distribusi inovasi yang terdesentralisasi di seluruh perusahaan – tidak terbatas pada para pemimpin senior perusahaan – adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan hasil inovasi tinggi”

Membangun Budaya Inovasi

Baca juga  Tahukah Anda Bahwa Ahli Sekalipun Masih Membutuhkan Mentor?

Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan yang memndorong inovasi berkembang adalah memastikan bahwa inovasi menjadi bagian dari pekerjaan semua orang. Organisasi yang inovatif saat ini memahami hal ini dengan baik dan mengerahkan kekuatan di seluruh organisasinya untuk mendorong penciptaan produk yang luar biasa.

Organisasi yang sukses dalam inovasi memiliki karyawan yang siap untuk menciptakan nilai baru. Setiap karyawan akan merasa diberdayakan dan diberi kesempatan untuk mencoba hal-hal baru dan menjalankan ide-ide terbaik mereka. Organisasi ini memiliki budaya yang mendukung ide-ide baru karyawannya. Sementara di sisi lain, karyawan tidak perlu mendapatkan hambatan untuk berinovasi, mereka hanya melakukan apa yang mereka yakini tepat untuk pelanggan.

Sumber : Forbes