Produsen oli kelas dunia, PT Federal Karyatama menilai bahwa dalam persaingan pasar pelumas, perusahaannya tak bisa hanya berkonsentrasi kepada penjualan, tetapi juga memperhatikan peningkatan kualitas. Karena itulah, Federal memusatkan konsentrasinya pada kualitas dengan meliputi empat aspek penting, yakni produk, komunikasi, servis, dan outlet.

Terkait dengan peningkatan kualitas, produsen oli kelas dunia ini telah berkomitmen melakukan transformasi melalui continuous improvement, di mana perbaikan dilihat sebagai nilai inti perusahaan (core value). Siapa pemegang peranan penting dalam tuntutan pengembangan dan perbaikan mutu perusahaan? Tentu saja sumber daya manusianya.

Federal telah melihat hal ini setelah melakukan observasi menyeluruh, di mana ditemukan keberadaan mekanik yang sering dilupakan dan dijadikan mata rantai paling bawah. Bahkan kebanyakan dari mereka masih belajar otodidak. Padahal, kepuasan konsumen bergantung pada layanan yang diberikan mekanik.

Semakin tinggi kemampuan pelayanan dari mekanik, semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan, semakin tinggi pula tingkat loyalitas konsumen, besar pula kemungkinan terciptanya pasar atau konsumen baru. Setidaknya inilah yang diungkapkan oleh Patrick Adhiatmadja, Presiden Direktur PT Federal Karyatama.

Atas dasar hal tersebut, Federal membuat sebuah program akademi untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan para mekanik. Patrick menilai, dengan adanya program akademi nantinya bisa menambah kemampuan serta wawasan dari mekanik.

Program Akademi ini dirasa tepat untuk membantu mekanik meningkatkan kemampuan dan kualitas mekaniknya. Program ini merupakan bentuk pelatihan serius yang melibatkan badan independen untuk memberikan sertifikat yang dipercaya pemerintah. Peserta akan diuji pengetahunnya oleh trainer profesional, bila lolos mereka akan tersertifikasi.

Program akademi ini akan digelar di delapan kota di Indonesia dan di setiap kota akan dipilih 30 mekanik untuk mengikuti pembimbingan dan penilaian.

Tujuan akhir program pelatihan ini tenta saja tak lepas dari penciptaan tenaga ahli yang profesional sehingga bisa membantu meningkatkan taraf hidup dari mekanik, baik karena meningkatnya kemampuan mereka, juga karena meningkatnya kepuasan pelanggan.

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.