Sistem Enterprise Resources Planning atau ERP bisa menjadi tools yang hebat, membantu bisnis Anda menciptakan pertumbuhan yang eksponensial.

Meskipun dinilai sebagai investasi mahal, beberapa perusahaan telah memasukkan ERP ke dalam strategi bisnis mereka. Kemungkinan terbesarnya karena adanya tuntutan pertumbuhan bisnis sehingga mereka harus memperbaiki manajemen operasional untuk memastikan keamanan dan efisiensi bisnis.

Namun karena implementasi proyek ERP dianggap kompleks, tidak sedikit juga perusahaan yang kemudian meninggalkan rencana tersebut setelah sebelumnya telah mempertimbangkannya dalam waktu yang cukup lama.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Aberdeen Group baru-baru ini menunjukkan bahwa alasan tertinggi perusahaan menahan diri untuk tidak menerapkan solusi software berbasis ERP adalah karena mereka merasa terlalu kecil, we are too small.

Mereka merasa bahwa organisasinya “terlalu kecil” dan berkeyakinan akan mampu menapaki masa depan tanpa menggunakan ERP. Organisasi-organisasi ini tidak mempunyai rencana bisnis untuk tahun-tahun mendatang dan atau mereka juga tidak menyadari bahwa kondisi teknologi saat ini telah menahan organisasi membuat kemajuan.

Faktanya, organisasi yang memilih untuk tidak menerapkan solusi berbasis ERP secara umum melaporkan bahwa tantangan yang mereka hadapi saat ini sebagai dampak teknologi. Anda bisa melihat tantangan tersebut lewat gambar di bawah ini:

Gambar di atas menunjukkan kepada Anda bahwa solusi ERP sangat dibutuhkan oleh perusahaan Anda, jadi tunggu apalagi? Jika masalahnya ada pada biaya, Anda para pemilik bisnis tidak perlu khawatir lagi karena saat ini banyak pengembang ERP yang berbasis opensource siap membantu Anda, tentunya dengan cost yang lebih terjangkau.

Baca juga  3 Pelajaran Penting dari Jack Ma, Seorang Guru yang Berhasil Menjadi Pengusaha Sukses