Setelah produk baru Anda telah diluncurkan, what’s next? Apa strategi dan antisipasi yang perlu dilakukan kemudian?

Sebelumnya kita telah membahas hal-hal apa yang perlu dicermati sebelum sebuah produk baru benar-benar diluncurkan ke pasaran. Sekarang, setelah produk Anda telah dilempar ke pasar terbuka, Anda tentu perlu membangun strategi dan antisipasi melalui berbagai jenis promosi yang tepat.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan perusahaan Anda untuk meningkatkan buzz dan hype seputar produk Anda. Bagi kebanyakan perusahaan kecil, rute dagang yang benar masih merupakan rute yang paling langsung untuk mempromosikan produk baru. Pendekatan demo langsung dan interaksi tatap muka langsung membantu membangun dan memperkuat basis klien yang setia.

Tentukan anggaran periklanan perusahaan Anda.

Setinggi iklan televisi profesional atau serendah iklan klik-tayang internet sederhana, apa pun di antaranya, Anda bisa melakukannya. Sebelum memutuskannya, tim periklanan Anda harus memiliki pemahaman yang baik tentang target pemirsa dan pendekatan yang paling tepat.

Bergantung pada iklan gratis media viral dan jejaring sosial. Iklan yang sederhana di Youtube atau Twitter mengenai produk baru dapat meningkatkan eksponen Anda secara eksponensial jika waktunya tepat.

Pastikan situs web Anda telah diperbarui dengan benar untuk mempromosikan produk baru, dan terlihat jelas di halaman depan Anda. Jika Anda mempromosikan produk yang dapat ditinjau di situs web dan blog, kirimkan contoh produk untuk mendapatkan publisitas gratis. Namun, perhatikan jika produk Anda mempromosikan diri dengan membandingkan buruk rekan-rekan atau kompetitornya; hal ini bisa menjadi bumerang bagi Anda.

Jangan lupa, publisitas yang bagus bisa menarik perhatian media. Namun, ada banyak akun tentang aksi publisitas yang tidak beres, karena selera yang buruk, pendekatan yang terlalu kontroversial, atau keterlibatan hukum.

Membaca Launch Pad

Baca juga  Recalling: Lean Manufacturing

Sekarang semua barang sudah tidak asing lagi, Anda harus memastikan staf Anda siap untuk meluncurkan peluncuran produk. Pastikan staf Anda telah terlatih dengan benar dalam informasi produk baru, dan siap untuk mengajukan pertanyaan.

Apakah perusahaan Anda siap untuk mengisi jumlah pesanan yang diharapkan pada waktu yang tepat? Apakah fasilitas produksi Anda sesuai dengan tugas? Apakah menit terakhir, fluktuasi pasar secara keseluruhan akan mengubah proyeksi pendapatan Anda? Harga komoditas bisa memiliki efek riak melalui semua sektor utama.

Apakah semua saluran distribusi Anda jelas dan siap?

Setelah persiapan terakhir ini dilakukan, silangkan jari Anda dan perkenalkan produk Anda ke publik, jaga agar tetap menjaga denyut nadi penjualan Anda. Bersiaplah untuk mengurangi kerugian Anda jika produk Anda gagal, atau untuk memperbaiki dan memperluas lini produk Anda jika berhasil.

Selalu memetakan pohon produk masa depan Anda beberapa generasi sebelumnya. Setelah semua, bisnis, seperti catur, adalah permainan di mana pemenangnya ada yang mempunyai rencana yang paling baik untuk bergerak ke depan.