Ingin perusahaan tumbuh cepat? Fokuskan diri Anda untuk membangun alignment tim.

Jika perusahaan ingin mempercepat pertumbuhan bisnis, Pemimpin perlu memiliki tim eksekutif yang selaras dengan visi perusahaan dan mampu melibatkan orang lain untuk melakukan pekerjaan yang mendorong pertumbuhan.

Tim eksekutif terdiri dari profesional berpengalaman yang memiliki keahlian di bidang khusus. Anda dapat menemukan chief operating officer, chief marketing officer, chief human resource officer, chief information officer, chief revenue officer dan title lainnya di dalam struktur organisasi. Terlepas dari struktur tersebut, para pemimpin eksekutif harus bisa menyelaraskan diri, bekerja sesuai dengan tujuan perusahaan. Tim eksekutif selalu terlibat dalam pengembangan strategi, jika mereka tidak memiliki arah yang sama, perusahaan Anda pasti akan kesulitan. Terburuknya, Anda harus kehilangan perusahaan yang Anda dirikan jika tidak dapat mencapai kesepakatan terkait masalah utama bisnis Anda.  

Harus Align

Tim adalah individu-individu yang berjuang menuju tujuan yang sama. Tantangan besar tim adalah karena memiliki orang-orang dengan ide dan perasaan yang berbeda. Ini akan menjadi sulit ketika setiap orang selalu berkeinginan kuat dan selalu ingin didengar. Namun, tim eksekutif yang ideal selalu memiliki cara mencapai kesepakatan, mereka memiliki nilai-nilai bersama yang memungkinkan tim bekerja bersama dengan baik.

Salah satu strategi terbaik untuk mendapatkan tim eksekutif yang ideal adalah dengan melakukan alignment. Bagaimana caranya? Mengutip laman Inc.com, ada dua upaya yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan alignment, yaitu melalui perbaikan proses perekrutan dan meningkatkan komunikasi tim. Berikut penjelasan lengkapnya :

1. Proses Perekrutan

Memilih orang yang tepat untuk tim sama pentingnya dengan ide bisnis itu sendiri. Inilah salah satu alasan mengapa pemimpin baru membawa serta timnya ke perusahaan baru mereka. Tugas utama pemimpin tim adalah merekrut orang yang bisa bekerja sesuai dengan nilai-nilai inti perusahaan. Mempekerjakan mereka sama artinya dengan mengakses kemampuan individu mereka untuk merangkul segala perubahan.

Baca juga  Budaya Perusahaan dan Keberhasilan Inovasi

Untuk memiliki tim eksekutif yang dapat menemukan keselarasan, Anda harus berbagi nilai yang sama. Para pemimpin hebat tahu nilai-nilai yang dibutuhkan perusahaan untuk berkembang dan kemudian memilih orang-orang yang tepat dengan nilai-nilai tersebut.

2. Komunikasi Tim

Pertumbuhan organisasi yang cepat hanya akan terjadi jika proses komunikasi tim di dalamnya berjalan efektif. Bagi perusahaan, komunikasi dibutuhkan sebagai proses berbagi ide, mengevaluasi kemajuan, dan bekerja bersama. Untuk itu, tim eksekutif harus memiliki keterampilan komunikasi yang sempurna karena mereka harus melibatkan diri dalam pertemuan yang terstruktur, untuk membahas kemajuan yang telah dihasilkan dan tindakan selanjutnya yang akan diambil. Tim yang tumbuh cepat cenderung menggunakan bahasa yang umum dalam berkomunikasi sehingga bisa saling memahami dan berempati. Untuk diketahui, tim eksekutif yang terbuka dan align satu sama lain mampu mengidentifikasi risiko bisnis tiga kali lebih cepat.