Epson sebagai pemimpin global dalam teknologi pencetakan dan pemimpin pasar untuk printer tangki tinta, telah meluncurkan jajaran baru printer EcoTank yang menawarkan salah satu dari printer dengan total biaya kepemilikan paling rendah di pasar.

Dikenal sebelumnya sebagai printer Sistem Ink Tank L dan M-series, printer EcoTank hadir dengan desain baru yang disederhanakan dengan tangki tinta terintegrasi, dalam ukuran yang lebih ringkas dan dengan botol tinta bebas tumpah yang inovatif. Dengan line-up inovasi baru ini, Epson telah membawa desain tangki tinta terintegrasi ke printer tangki tinta entry-level untuk UKM dan perkantoran skala kecil.

Epson juga telah memperluas jajaran printer M-series-nya, yang sekarang dikenal sebagai printer Monokrom seri Ecotank yaitu printer EcoTank M2140. Printer M2140 sekarang menggunakan teknologi PrecisionCore pada printheadnya, Epson dapat meningkatkan teknologi nozzle,  peningkatan resolusi pada 1200 x 2400 dpi, dan kecepatan yang lebih cepat dari 20ipm. Seri EcoTank Monokrom multi-fungsi hadir dengan pencetakan auto-duplex dan fungsi pindai dan salin.

Seri Monokrom EcoTank mampu mengungguli printer laser monokrom dalam hal total biaya kepemilikan secara keseluruhan dan konsumsi listrik, dengan printer memiliki 27 kali konsumsi daya yang lebih rendah, dan membawa 27 kali lebih rendah biaya keseluruhan per cetak dibandingkan dengan printer laser di Indonesia.

Dalam hal menawarkan total biaya kepemilikan yang rendah, printer EcoTank L-series dengan satu set 4 botol tinta menghasilkan 4.500 halaman hitam dan putih dan 7.500 halaman warna, dan Seri Monokrom EcoTank menghasilkan 6.000 halaman hitam dan putih.

Printer tangki tinta Epson merupakan printer tangki tinta yang paling dapat diandalkan dibandingkan dengan merek lain. Dalam penelitian terbaru, 87% dealer multimerek menempatkan Epson sebagai pencetak tinta printer paling andal dibandingkan dengan merek lain.

Dalam hal kualitas secara keseluruhan, berdasarkan hasil riset, mayoritas dealer atas 77% puas dengan printer tinta Epson dan 63% lebih memilih untuk printer tinta Epson printer dibandingkan dengan merek printer lainnya.

“Dengan meluncurkan jajaran printer Ecotank Monokrom Epson, kami percaya akan mampu memperluas pasar untuk printer inkjet dan mengalihkan pengguna printer laser entry-level untuk membeli printer inkjet monokrom. Dengan keuntungan luar biasa dalam hal total biaya kepemilikan dan penghematan konsumsi listrik yang lebih rendah dan peningkatan dampak yang lebih baik terhadap lingkungan, printer EcoTank dapat menawarkan pilihan utama yang lebih baik untuk printer laser untuk UKM dan segmen kantor rumah,” kata Shimizu Tomoya, Direktur PT Epson Indonesia.

Epson terus menjadi merek printer tangki tinta terkemuka di Asia Tenggara dengan pangsa pasar 70,1% pada 2017 di Asia Tenggara, menurut rilis terbaru Perilisan IDC Quarterly Hardcopy Peripherals Tracker 2018 Q2  terbaru. Di Indonesia, Epson terus menjadi merek printer tangki tinta terkemuka, dengan pangsa pasar tangki tinta pada 86,6% pada tahun 2017, meningkat 25,1% dari tahun 2016.

Epson meluncurkan model printer tangki tinta pertama di Indonesia dan kemudian di Asia Tenggara pada tahun 2010. Printer tangki tinta telah menjual kumulatif 30 juta unit di seluruh dunia pada Juli 2018.

Printer EcoTank L3110 adalah model pengganti untuk printer L360 dan L380, dan printer L3150 adalah model pengganti untuk L405. L5190 adalah pengganti printer L565. Model M1100 dan M1120 adalah model pengganti untuk M100.