Epson, pemimpin pangsa pasar global alam robot SCARA selama tujuh tahun berturut-turut[1], meluncurkan robot Epson T3 &T6 di Holiday Inn Express Kemayoran, Jakarta.

Robot T3 hadir dengan total biaya kepemilikan yang rendah serta penggunaan daya 30% lebih sedikit dibandingkan robot SCARA konvensional. Robot T3 memiliki tampilan yang lebih sederhana, model entry-level compact dan serbaguna. Hal tersebut membuat robot jenis ini sangat ideal untuk pengaplikasian pick-and-place yang sederhana seperti tugas perakitan, inspeksi danpenempatan. Memiliki pilihan untuk menggabungkan dengan Sistem Penglihatan Epson yang dapat memungkinkan robot untuk ‘melihat’, Robot T3 ini memiliki keunggulan dalam sistem proses gambar yang hebat dalam mendeteksi dan menempatkan objek dengan andal.

Sedangkan Robot T6 adalah bagian dari robot T-series yang dirancang untuk meyederhanakan pemasangan dan penggunaan secara maksimal yang lebih rendah untuk penghalang otomatis dan sempurna untuk mengotomatisasi tugas penanganan material sederhana.

Dengan robot T6, penggunakan dapat mengganti bebrapa robot single-axis berbiaya rendah yang memakan banyak ruang dan memerlukan penyesuaian dan pemeliharaan yang sulit. Pengguna akan menghemat ruang, mengurangi waktu pengaturan, dan meminimalkan downtime. Robot T6, versi brawnier dan perluasan robot T3 yang popular, meningkatkan produktivitas dengan menangani muatan hingga 6 kg, membuatnya ideal bagi pelanggan yang ingin menggunakan rbot T-series untuk mengangkut komponen yang lebih besar dan lebih berat atau untuk membawa banyak bagian sekaligus. Robot T3 mampu menangani muatan hingga 3 kg.

“Dengan robot T6, pelanggan dapat mengganti beberapa robot single-axis berbiaya rendah, menghasilkan penghematan biaya dalam hal pemeliharaan, waktu henti, dan pengaturan, serta membantu menghemat ruang. Rangkaian robot baru kami dengan pengaturan dan keterjagnkauan yang sederhana bertujuan untuk menurunkan penghalang otomatisasi karena lebih mudah diatur dibandingkan dengan robot tradisional, dan dapat membantu untuk lebih meningkatkan produktivitas di lini perakitan pabrik. Dengan T6, kami bertujuan untuk membantu pelanggan kami di Indonesia serta Asia Tenggara lebih meningkatkan produktivitas di sektor manufaktur”, ujar Shimizu Tomoya, Country Manager Epson Indonesia.

Baca juga  Pendaftaran OPEXCON Project Competitions 2018 Akan Ditutup pada 20 September 2018

[1] Market share based on revenue and unit ales of industrial SCARA robots, 2011-2017. (source: FUJI Keizai “2012 – 2018 Reality and Future Outlook of Worldwide Robot Market”).