Majalah SHIFT memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil melakukan efisiensi industri di 2016 di event Operational Excellence And Award 2016 (OPEXCON16) di JW Marriot Hotel, Kuningan, Jakarta. Sembilan perusahaan yang berhasil memperoleh Gold Achievement antara lain PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Chandra Asri Petrochemical dan PT. Century Batteries Indonesia untuk kategori manufacture. PT. Astra International Tbk – Honda, PT. Mandiri Axa General Insurance dan Kalla Group menerima penghargaan di kategori Service serta PT. Bukit Asam (Persero) Tbk, PT. Bukit Makmur Mandiri Utama, dan PT. Freeport Indonesia di sektor mining and energy.

Kunci mewujudkan efisiensi industri salah satunya, perusahaan menerapkan manajemen perbaikan berkelanjutan, continuous improvement untuk meningkatkan produktifitas. Implementasi metode efisiensi yang tepat akan berkontribusi positif pada peningkatan skill, kualitas sumberdaya manusia dan penghematan pembiayaan operasional sehingga berdampak pada penambahan keuntungan perusahaan.

Sembilan perusahaan berhasil menyabet penghargaan bergengsi OPEXCON16 yang diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah SHIFT dan SSCX International. Sebelumnya Dewan Juri menyeleksi dan menyaring sekitar 150 perusahaan peserta kompetisi improvement, menghasilkan 21 perusahaan sebagai finalis. Para finalis mempresentasikan project improvement yang selama ini dijalankan di masing-masing perusahaan, bersaing mendapatkan Gold Achievement.

Akhirnya sembilan perusahaan yang terbagi dalam tiga kategori industri berhasil meyakinkan Dewan Juri, menghantarkan mereka sebagai perusahaan paling efisien di 2016, versi Majalah SHIFT. “Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas partisipasi perusahaan peserta project competition OPEXCON16 yang tak lelah berinovasi, berkreasi melakukan perbaikan berkelanjutan mencapai efisiensi industri, terlebih di era digital,” ujar Riyantono Anwar salah seorang Committee OPEXCON16. Selain Gold Achievement, OPEXCON16 juga memberikan penghargaan Silver dan Bronze.

Majalah SHIFT merupakan satu-satunya media massa di Indonesia yang memberikan referensi dan panduan operational excellence untuk mewujudkan efisiensi industri. Penyelenggaraan OPEXCON telah menapaki tahun ke-5 dengan tingkat partisipasi dan antusiasme tinggi dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor industri yang menerapkan perbaikan berkelanjutan, mencapai efisiensi industri. []

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.