‘Great Leaders always know themselves!’ Seorang pemimpin yang baik selalu mengenal diri mereka sendiri, siapa diri mereka, dan apa yang mereka inginkan. Semakin dalam seorang pemimpin mengetahui hal ini, maka semakin efektif dia memimpin. Pemimpin juga akan lebih tepat dalam mengambil keputusan-keputusan, lebih punctual dalam memprioritaskan hal-hal yang menyita waktunya, dan mengalokasikan keuangan dan sumberdaya perusahaan dengan lebih cermat dan efisien.

Mengenali orang lain tentu merupakan hal strategis untuk membangun sinergitas hubungan dalam tim Anda, sehingga akan memudahkan kerjasama tim, namun yang tidak kalah penting yang harus Anda lakukan sebelum nulai bekerja dengan tim adalah mengenali diri Anda sendiri, pemahaman akan potensi diri sendiri sangat relevan untuk mewujudkan keberhasilan. Nah, jika Anda masih kebingungan bagaimana cara mengenali diri sendiri, Anda bisa memulainya dengan menjawab sebelas pertanyaan di bawah ini:  

  1. Apakah posisi Anda sekarang?
  2. Apakah Anda memiliki otorisasi yang cukup?
  3. Apakah Anda memiliki kompetensi yang cukup?
  4. Bagaimana mengukur hasil, kesuksesan, dan pencapaian dalam pekerjaan Anda?
  5. Apa sajakah kemampuan dan talenta khusus Anda yang lebih unggul dari anggota tim Anda?
  6. Apakah tiga tujuan terpenting Anda dalam pekerjaan?
  7. Tindakan spesifik apa yang Anda segera lakukan untuk meraih tujuan-tujuan ini?
  8. Bagaimana langkah-langkah yang harus ditempuh?
  9. Dari langkah-langkah tersebut, manakah yang akan segera Anda lakukan dalam waktu dekat? 
  10. Siapa sajakah orang-orang terpenting dalam pekerjaan Anda?
  11. Mengapa Anda menilai mereka penting ?

Pertanyaan di atas terlihat sederhana dan Anda pun tidak harus kehilangan banyak waktu untuk menjawabnya. Tapi, hanya dengan menjawab pertanyan di atas Anda telah membuat satu langkah lebih dekat menuju keberhasilan baik secara individu maupun tim. Jadi, tunggu apalagi?