HANNOVER MESSE 2020 resmi ditunda. Pameran mega-industri yang semula akan digelar di bulan April ini ditunda hingga 13-17 Juli 2020. Keputusan ini diambil oleh Deutsche Messe AG untuk mengantisipasi perkembangan global terkait virus corona (Covid-19).

Sebelumnya, Otoritas Kesehatan Wilayah Hannover memberikan rekomendasi agar Deutsche Messe mengikuti saran dari Robert Koch Institute,sebuah public health institute di Jerman yaitu mengikuti langkah-langkah komprehensif untuk menjaga kesehatan publik ketika menyelenggarakan acara besar. Misal dengan menyediakan stasiun pengukur demam di semua pintu masuk dan tidak mengizinkan orang-orang dari daerah berisiko memasuki pusat pameran. Namun, Deutsche Messe tidak dapat mengimplementasikan usulan tersebut. Menurut pihaknya, implementasi ini akan merusak pameran,termasuk tujuan dari diadakannya acara tersebut.

“Dengan (diundur) ke Juli, kami menawarkan slot waktu paling awal  kepada peserta pameran kami untuk mempresentasikan inovasi mereka kepada khalayak global dan untuk memulai bisnis,” kata Dr. Jochen Köckler, Ketua Dewan Manajemen Deutsche Messe AG. “Mengingat tantangan ekonomi global yang dipicu oleh Coronavirus pada paruh pertama tahun ini, tanggal baru ini menawarkan peluang besar. Dengan demikian pameran perdagangan industri paling penting di dunia dapat memberikan dorongan penting bagi ekonomi global pada tahap awal,” lanjutnya.

Adapun keputusan ini juga telah mendapat dukungan dari Asosiasi Industri Teknik Mesin Jerman (VDMA) dan Asosiasi Manufaktur Kelistrikan dan Elektronik Jerman (ZVEI). “VDMA mendukung keputusan Deutsche Messe AG. Terkait dengan tantangan saat ini yang disebabkan oleh virus corona, menunda HANNOVER MESSE hingga Juli adalah pilihan terbaik,” kata Kepala Eksekutif VDMA Thilo Brodtmann. “Kami berasumsi bahwa situasinya akan tenang dalam beberapa bulan mendatang dan bahwa industri teknik mesin akan mendapat manfaat dari situasi bisnis yang pulih kembali.”

Wolfgang Weber, Ketua Dewan Manajemen ZVEI pun berpendapat bahwa keputusan oleh Deutsche Messe AG untuk menunda HANNOVER MESSE datang pada waktu yang tepat. Menurutnya, yang terpenting dari pameran perdagangan industri skala internasional adalah mengumpulkan orang-orang dari seluruh dunia dan ini hanya akan terjadi jika tidak ada risiko kesehatan.

Baca juga  Di Hannover Messe 2020, Indonesia Siap Kolaborasi Bidang Investasi Hingga Teknologi

Ketakutan terhadap virus corona menyebabkan gelombang yang luar biasa termasuk kalender acara di Eropa. Setelah pameran Geneva Motor Show 2020 dibatalkan sekarang giliran Hannover Messe 2020 diundur.