“The secret of change is to focus all of your energy, not on fighting the old, but on building the new.” – Socrates

Pada awal tahun 2020 ini, segala situasi di dunia tampak begitu normal. Namun tanpa kita prediksi, dalam tempo singkat semua berubah secara dramatis akibat pandemi COVID-19. Banyak korban meninggal dunia dari sekian juta kasus positif di dunia, juga banyak perusahaan menutup sementara operasinya, sebagian lagi melakukan PHK dan tidak sedikit terpaksa menutup bisnisnya secara permanen. Singkatnya, pandemi kali ini secara bersamaan menjadi tantangan besar bagi kehidupan manusia dan bisnis. Perubahan cepat ini pun diyakini menjadi realitas baru yang akan terus berlanjut dan bertahan menjadi kenormalan baru. Singkat kata, setiap individu dan organisasi secara bersamaan menghadapi tantangan dan dunia baru yang tidak terprediksi.

Saat ini hampir semua bisnis berjuang melawan dasyatnya dampak Covid-19 dengan melakukan tindakan cepat untuk melindungi masa depan. Kebutuhan akan peningkatan kualitas, produktivitas,efisiensi, inovasi, dan transformasi digital tidak pernah lebih besar dari sekarang. Kabar baiknya, waktu krisis ini juga membawa peluang baru. Peluang yang hanya bisa dimenangkan oleh organisasi-organisasi yang berhasil merangkul kompleksitas baik itu dalam produk, layanan, dan pasar; melalukan adaptasi terhadap perubahan pasar dan permintaan tanpa harus kehilangan tujuan utama operasi. Catatan kami, pertumbuhan adalah proses yang berkelanjutan, tidak peduli berapa lama usia organisasi Anda, terus mengembangkan kemampuan mengikuti tren adalah keharusan untuk tetap bisa relevan dengan pasar. Pilihan yang Anda miliki saat ini adalah memimpin atau tersingkir.

Kami semua berharap pandemi ini segera berlalu dan kita semua bisa kembali berkumpul bersama untuk merayakan pencapaian luar biasa. Happy new year 2021, excellent people!! New year – a new chapter, new verse, or just the same old story? The choice is ours!

Baca juga  Indonesia Tetap Menjadi Official Partner Country Hannover Messe 2021