Tingkat produktivitas menentukan level atau posisi seseorang di organisasi. Di dalam dunia kerja, produktivitas menjadi salah satu indikator kunci yang diperhitungkan untuk menilai kinerja karyawan. Rumusnya, semakin produktif maka semakin tinggi pula posisi di struktur organisasi.

Berikut adalah tiga tips yang akan membantu Anda dan para pemimpin lain menjadi produktif dan semakin cepat menaiki tangga karier:

  1. Cermat menentukan prioritas

Manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan juga keterbatasannya. Setiap manusia memiliki keterbatasan atau kekurangan masing-masing sebab itu tidak mungkin semua hal bisa diselesaikan  oleh satu orang. Sebagai seorang leader (baik itu dalam tim maupun bagi diri sendiri) adalah penting untuk menentukan prioritas mana yang harus dikerjakan. Berikut adalah beberapa rekomendasi metode penentuan prioritas yang bisa kita aplikasikan dengan mudah:

a. Gunakan kuadran Penting – Mendesak

Di dalam kuadran ini, aktivitas pekerjaan akan dikelompokan menjadi 4, yaitu:

  • Penting dan Mendesak
  • Penting dan Tidak mendesak
  • Tidak penting dan Mendesak
  • Tidak penting dan Tidak mendesak

Dari pilihan kuadran tersebut, pada kategori kuadran Penting dan Tidak mendesak seorang leader bisa melakukan “DELEGASI” sehingga bisa lebih fokus kepada aktivitas lain yang lebih bernilai.

b. Aturan 80-20

Aturan 80-20 ini juga dikenal dengan Pareto. Pada metode ini, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu mana aktivitas yang banyak menghabiskan waktu kita. Biasanya 80% dari total pengunaan waktu disebabkan oleh 20% dari total aktivitas yang dilakukan. Selanjutnya kita bisa melakukan perbaikan terhadap aktivitas-aktivitas yang paling banyak menghabiskan waktu tersebut.

2. Bekerja dengan sistem

Salah satu cara paling mudah untuk memahami apa itu sistem dalam bekerja adalah dengan menggunakan konsep PDCA (Plan – Do – Chek – Act). Seperti banyak kita alami, masalah yang timbul seringkali terjadi secara berulang sementara kita masih saja terlambat mengantisipasinya. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena sistem yang ada tidak dapat mendeteksi hal ini. Akibatnya, seorang leader tidak bisa maju dalam karirnya karena dia harus selalu dealing dengan masalah yang sama dan tidak pernah selesai. Hal yang paling sederhana yang harus dilakukan oleh seorang leader dalam kaitannya dengan PDCA ini adalah, bagaimana dia bisa memeriksa rencana kerja yang dia buat – sudah adakah meeting yang dilakukan untuk menangani masalah tersebut atau apakah meeting yang dilakukan sudah membahas masalah mengapa aktual tidak sesuai dengan rencana?

Baca juga  Industri 4.0 dan Mengapa banyak Industri yang Mengantisipasinya

3. Improve! Selalu meningkatkan kompetensi

Anda mungkin pernah kenal seseorang yang seumur hidupnya bekerja hanya di satu posisi dan karirnya sangat lambat. Bahkan sering kali posisinya disalip oleh orang yang lebih junior. Kenapa hal itu bisa terjadi? Alasannya adalah, karena orang tersebut selalu melakukan pekerjaan dengan cara dan metode yang sama. Dia enggan untuk coba menggunakan cara baru, karena sudah merasa nyaman ataupun takut untuk berubah. Alhasil dengan cara dan metode kerja yang sama, maka pekerjaan yang dihasilkan pun akan selalu sama, tidak ada peningkatan. Cobalah untuk selalu mencari cara yang baru. Ingat…..there is no the best way but there is always a better way!