SHIFT SSCX pharmaceutical 1

Menyelamatkan Kehidupan dengan Keunggulan Operasional Perusahaan Farmasi 

Pada bagian III (terakhir) dalam pembahasan di SHIFT Issue 3, kita akan mengetahui kemanakah tujuan dari perjalanan panjang penerapan Lean bagi perusahaan farmasi? (simak pembahasan sebelumnya di bagian I dan bagian II)

***

Penerapan Lean Manufacturing (metode serta perkakasnya) dilakukan secara terus-menerus untuk menciptakan perbaikan pada proses dan inovasi di perusahaan, sehingga perusahaan tersebut melakukan apa yang disebut Continuous Improvement (atau CI) untuk mencapai Operational Excellence (OpEx) dan Customer Intimacy. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan yang mendatangkan preferensi mereka, dan tentu saja meningkatkan profit dengan cara-cara yang tidak mengorbankan pelanggan. Lean Manufacturing yang diterapkan di lingkungan farmasi seringkali disebut Lean Pharma.

Menuju Level yang Lebih Tinggi dengan Lean Pharma

Lean Pharma memberikan jalan bagi inisiatif penghematan biayayang disebabkan oleh variasi dan repetisi dalam proses. Bahkan, beberapa pakar berpendapat inisiatif Lean paling sukses adalah yang dijalankan di industri farmasi. Aplikasi Lean yang paling mendasar yang selama ini diterapkan di industri farmasi lebih fokus kepada konsep manufaktur berbasis pabrik dan efektifitas biaya. Lalu akan seperti apa implementasi Lean di perusahaan farmasi di masa depan? Lalu peranan apa yang akan dimainkan untuk mengarahkan perusahaan-perusahaan menuju waste minimum dan produktifitas maksimum?

# Menjadi Industri yang Super-Efisien

Menurut prediksi pada praktisi, pada dekade mendatang, Lean akan membawa perusahaan farmasi kepada level yang lebih tinggi. Perusahaan farmasi bukan hanya akan berjalan dengan efisien, namun super-efisien, sebisa mungkin. Dengan teknologi yang terus berkembang dan metode reduksi waste yang terus diperbaiki, penampilan laboratorium Lean di masa depan akan banyak berubah. Di dunia Lean masa depan, hubungan pemasok-pelanggan akan semakin bebas hambatan, dengan kemungkinan miskomunikasi dan ambiguitas seminim-mungkin. Dengan teknologi email, pesan instan dan jaringan sosial, sangat mungkin pelanggan akan berbicara langsung kepada perusahaan produsen obat yang mereka konsumsi, alih-alih kepada dokter atau tenaga medis, bertanya mengenai informasi produk.

# Penggunaan Teknologi yang Makin Tinggi

Lingkungan Lean Pharma di abad ini juga menjanjikan pengurangan cycle time secara signifikan dan kualitas akan meningkat secara dramatis. Karena biasanya cycle time didorong oleh kualitas, bukan hal aneh jika waktu yang diperlukan untuk merilis sebuah batch produk obat-obatan akan lebih lama dibandingkan waktu produksinya. Walaupun telah mengimplementasikan Lean, cycle time yang panjang akan menggangu aliran produk secara keseluruhan. Namun masa depan menjanjikan perbaikan baik di sisi cycle time maupun kualitas proses. Keduanya akan menjamin produk dengan kualitas yang lebih baik, dengan waktu produksi lebih singkat. Teknologi yang mendorong perbaikan kualitas, seperti PAT (Process Analytical Technology), akan memainkan peran penting dalam pendekatan Lean di perusahaan farmasi.

Walaupun implementasi Lean telah meluas dan diapresiasi oleh berbagai industri, masih banyak perusahaan farmasi yang masih setengah hati dalam menentukan pilihan. Ketakutan semacam ini muncul dari pemikiran bahwa Lean akan menghambat quality control produk, yang dikhawatirkan akan menghasilkan produk berkualitas lebih rendah. Produk berkualitas rendah, tentu saja, akan dipermasalahkan oleh regulasi dan tidak bisa memenuhi standar FDA. Namun, dengan semakin banyaknya perusahaan farmasi yang mulai menyusun strategi diatas pondasi Lean (dan meraih sukses), semakin banyak perusahaan sejenis yang merasa teryakinkan untuk melakukan hal serupa. Perusahaan farmasi terus berlomba meningkatkan keunggulan operasional dan menyelamatkan kehidupan di dunia. Dengan biaya produksi obat-obatan yang lebih murah, yang mempengaruhi harga pasar, dan kualitas yang meningkat, pelayanan kesehatan dan pengobatan yang layak akan semakin terjangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.***RW

Artikel Terpilih di Inbox Anda
Ya, tim konsultan SSCX akan memilihkan artikel dan ide menarik untuk Anda!

Kami akan mengirimkan maksimal 1 email per minggu dan Anda dapat unsubscribe kapan saja. Dengan berlangganan, Anda diberikan 1 ide yang bisa mengubah proses dan produk Anda lebih baik lagi.