Ideas Industry Retail and Transactional

“Tiket Gratis AirAsia = Menunggu”? Tidak lagi!

Ayo, tiket gratis AirAsia sudah diiklankan dan sama seperti mereka yang suka dengan “gratisan”, tentu saja kesempatan emas ini tidak dilewatkan oleh Admin Majalah Shift Indonesia untuk mencari tiket berlibur! Tapi, wait a minute, bukankah orang yang berpikiran sama seperti Admin akan banyak sekali? Dan karena semua orang mengincar tiket di website yang sama, bagaimana dengan kapasitas situs tersebut menampung sekian ribu request pada saat bersamaan?

Di edisi pertama majalah Shift (edisi hardcopy), kami telah membahas panjang lebar tentang konsep antrian. Nah, ternyata praktik yang sama ada di proses ini juga.

Jika beberapa waktu lalu, saat sekian banyak orang mengunjungi situs ini, maka situs AirAsia sulit sekali diakses. Tetapi, kali ini, dengan peningkatan kapasitas maka situs ini bisa diakses, tetapi tentu saja akan terjadi bottleneck lagi saat pada saat bersamaan muncul banyak request ke sistem booking. Nah, apa yang terjadi kali ini di situs AirAsia?

Menarik sekali. Kami memperhatikan bahwa AirAsia membuat halaman menunggunya menjadi kesempatan bermain yang bertujuan membuat pengunjung lupa bahwa ia sedang menunggu :-) Kreatif sekali! Ini adalah ide yang sangat kreatif untuk menyikapi persoalan kapasitas tanpa menurunkan kepuasan pelanggan.

Berikut adalah screen-shot yang kami ambil:

Airasia - sscx - antrianApa yang Anda lihat?

1. “Can you find these items in the picture?” Ya, ini adalah permainan mencari barang-barang ini dalam gambar di atasnya. Tujuannya adalah menghabiskan waktu. Kami tidak menemukan semuanya pada saat menunggu, tanpa sadar waktu menunggu telah usai.

2. “Don’t worry, you’re already in queue…” Ini memberikan assurance kepada pelanggan bahwa proses ini memang seperti ini dan mereka memang sedang dalam proses mendapatkan harga.

3. “0 Second” Angka ini dihitung mundur, sehingga memberi perasaan “hampir selesai proses menunggunya” dan juga adanya kepastian berapa lama pelanggan akan menunggu.

Sederhana bukan? Dengan melakukan ini, maka proses menunggu akan lebih nyaman bagi pelanggan tanpa harus investasi besar-besaran memastikan pelanggan tidak pernah menunggu!

 SSCX

Opt In Image
Free e-Book - OEE
Mengapa OEE dan Puluhan Pertanyaan Lainnya

Free Download - PDF File

Ada banyak sekali pertanyaan yang kerap muncul terkait OEE. Bagaimana mengukurnya, mengapa ini penting, apa saja kesalahan penerapan OEE? Download secara gratis! File ini disediakan oleh SSCX bekerja sama dengan Vorne Industries. Dapatkan link download di inbox Anda.

Leave a Comment