Sekaranglah saat yang tepat untuk memikirkan, memetakan dan melakukan perubahan yang serius. 

Banyak dari kita mungkin cemas atas dampak yang terjadi akibat virus corona (Covid-19) terhadap program perbaikan berkelanjutan atau continuous improvement yang sedang dijalankan di organisasi, implementasi project lean six sigma, misalnya. Pada dasarnya semua program perbaikan adalah untuk membantu organisasi agar mampu beradaptasi dengan segala bentuk perubahan dan berhasil mengatasi semua tantangan yang ada di dalamnya. Karena seperti kita ketahui bersama, kondisi pasar sangat cepat berubah hampir tidak bisa diprediksi, sementara itu tidak semua organisasi mampu merespons perubahan tersebut pada saat yang sama. Padahal, jika terlambat sedikit saja kita bisa kehilangan pasar. 

Kembali ke prinsip 

Mari kita kembali ke prinsip dasar lean: Plan-Do-Check-Act atau disingkat PDCA. Dasar dari PDCA adalah bertindak dan berpikir dengan metode perbaikan yang terbukti sukses dengan mengedepankan cara pikir ilmiah dan pola-pola yang jelas. Implikasi dari metode ini adalah bahwa ketika Anda tidak pernah melakukan hal dengan benar sejak pertama kali, Anda harus mengulanginya beberapa kali untuk benar-benar memahami apa saja yang benar-benar berfungsi dan apa yang tidak. Belum lama ini, Jeffrey K. Liker, seorang professor di bidang Industrial dan Operations Engineering dari University Michigan menilai adanya perbedaan yang cukup besar antara teori dan penerapan dari Lean Enterprise di dalam organisasi sehingga sering kali dia menemukan banyak organisasi yang merasa upaya perbaikan yang mereka lakukan tidaklah cukup. 

Ya, bagi kita yang telah menjalankan metode ini, kita tahu bahwa apa yang ada di atas kertas jarang menjadi solusi yang efektif karena realitas selalu memunculkan masalah dan persoalan baru. Prinsip dasar teori Lean adalah membantu organisasi agar dapat menemukan realitas lapangannya sendiri, baik itu tentang budaya organisasi Anda maupun kondisi pasar yang sedang dihadapi.

Baca juga  Berinovasi Menggunakan Design Thinking

Lean akan membantu pemimpin organisasi memahami kebutuhan operasional, membuat orang-orang yang bekerja di lapangan mendapatkan data tentang kondisi saat ini, menyarankan cara untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik berdasarkan data yang tepat dan kemudian melakukan upaya peningkatan atau eksperimen untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Intinya, jika semua orang di organisasi Anda tahu dasar-dasar menjalankan eksperimen yang baik dan para pemimpinnya memahami kemana harus membawa organisasi, organisasi Anda dapat beradaptasi dengan cepat bahkan di era Covid-19 yang tidak bisa diprediksi sekalipun.

Coba renungkan bagaimana kondisi organisasi Anda saat ini! Jika Anda tidak berada di dalam model organisasi yang lean seperti dijelaskan di atas, maka Anda berhak khawatir tentang masa depan organisasi. Pilihan yang Anda miliki saat ini adalah Anda bertahan dengan masa-masa krisis dan sekedar mengandalkan keberuntungan di pihak Anda atau memastikan masa depan yang pasti dengan menggunakan (atau mempelajari bagi yang belum mengenal) metode yang terbukti efektif, Lean. 

Merangkul Masa Depan 

Untuk menjalankan metode Lean, kita bisa memulainya dengan membuat tujuan yang jelas (tentang apa yang akan kita perbaiki), menyerahkannya kepada orang-orang yang bekerja di lapangan (mereka adalah orang-orang yang paling memahami kondisi lapangan sesuai bidangnya) dan membantu mereka memahami dan menjalankan praktek PDCA dengan baik. Jika Covid-19 turut menginfeksi bisnis Anda, ada baiknya membuat beberapa pertimbangan sebelum memutuskan untuk merumahkan karyawan. Anda membutuhkan semua kapasitas yang Anda miliki, Anda membutuhkan sumber daya Anda untuk menghadapi tantangan pandemi ini dan mempersiapkan kemenangan di masa depan.

Sekarang adalah waktunya Anda membuat tujuan jangka panjang yang jelas untuk memastikan kesuksesan yang berkelanjutan, kami yakin kita semua mampu menghadapi dampak ekonomi dari Covid-19 dengan syarat kita semua berbenah dari sekarang. Salam sukses untuk semua excellent people dan organisasi yang terus melakukan improvement! 

Baca juga  Inilah Skill yang Wajib Dimiliki Para Pemimpin di Era Covid-19

Bagi Anda yang belum mengenal metode Lean dan tertarik untuk menjalankan metode Lean atau metode operational excellence lainnya, SSCX International siap membantu Anda dalam mempersiapkan dan mengeksekusi program tersebut. Hubungi tim support di event@sscx.asia atau Wa.me/6287857630200. SSCX International adalah perusahaan konsultan dan jasa pelatihan Lean Six Sigma terbaik di Indonesia yang telah membantu kemajuan ratusan organisasi di berbagai sektor industri.  Selama ini SSCX International dikenal oleh klien dan komunitas operational excellence sebagai perusahaan konsultan implementasi dan jasa pelatihan yang tak hanya memberikan service tapi juga menggaransi hasil. SSCX International memastikan hasil berdampak kepada sistem, prosedur baru, serta perubahan perilaku orang terkait program baru yang berjalan, merupakan nilai tambah yang tak dimiliki oleh perusahaan sejenis.