Gambar: http://www.indonesiafinancetoday.com

PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, berencana membangun pabrik baru di tiga daerah, yakni Citeureup (Bogor), Jawa Tengah, dan luar Jawa. Perusahaan tersebut menaksir anggaran pembangunan pabrik akan mencapai jumlah US$400-500 juta per pabrik, atau total senilai US$1,5 miliar; setara dengan Rp.13,5 triliun.

Kuky Permana, direktur perusahaan semen yang memproduksi brand Tiga Roda tersebut menyatakan bahwa untuk tahap awal, yang akan dibangun tahun ini adalah pabrik yang berlokasi di di Citeureup. Sementara itu dua lainnya akan menyusul pada tahun 2016-2017.

“Biaya pembangunan pabrik baru di Citeureup saja total US$500 juta,” ungkap Kuky, usai menghadiri rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) di Wisma Indocement, Jakarta (8/5/2012).

Menurut Kuky, pembangunan pabrik Citeureup akan dimulai pada bulan Agustus atau September 2012. Diperkirakan, waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan sekitar 2 hingga 2,5 tahun, dan pabrik akan bisa mulai beroperasi pada tahun 2015.

Pabrik ini akan menjadi unit penggilingan semen dengan kapasitas 1,9 juta ton pertahun. Dalam usaha antisipasi peningkatan permintaan domestik, perusahaan berencana meningkatkan kapasitas produksi menjadi 4,4 juta ton.

“Pabrik di Citeureup akan memiliki kapasitas 4,4 juta ton, ditambah unit penggilingan 1,9 juta ton, hingga totalnya menjadi 6,3 juta ton,” terangnya.

Sementara itu, dua pabrik lainnya saat ini tengah memasuki tahap studi di beberapa daerah mencakup Jawa Tengah dan wilayah luar pulau Jawa. Nantinya kedua pabrik diperkirakan akan memiliki kemampuan produksi sekitar 2-2,5 juta ton pertahun untuk masing-masing pabrik.

Sumber: Vivanews.com, SELASA, 8 MEI 2012, 19:36 WIB
Arinto Tri Wibowo, Sukirno

Baca juga  Tahun Politik, Kinerja Perbankan di Kuartal I Cukup "Apik"