Selamat datang di era industri 4.0, excellent people! Seperti kita tahu internet telah menjadi bagian penting dari sistem operasi kehidupan: pertemuan dilakukan secara virtual, perdagangan secara elektronik, menonton video melalui aplikasi, dan masih banyak lagi. Kemajuan ini, menjadikan perusahaan yang memiliki kemampuan digital sebagai pemimpin pasar, sementara mereka yang terus beroperasi dan mengandalkan cara konvensional semakin jauh tertinggal.

Guna mendorong kemampuan digital tersebut, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian pun semakin gencar mendorong industri di tanah air untuk segera bertransformasi ke arah industri 4.0. Sebab, upaya strategis tersebut diyakini memberikan manfaat besar bagi perusahaan, terutama dalam kemampuan berdaptasi dengan kebiasaan baru sebagai dampak pandemi Covid-19. Manfaat tersebut diantaranya adalah meningkatnya kinerja mesin dan peralatan, kecepatan operasi produksi dan juga kualitas produk.

Kualitas SDM sangat dibutuhkan

Apabila industri 4.0 terimplementasi dengan baik, Indonesia akan menjadi bagian dari 10 negara yang memiliki perekonomian terkuat di dunia pada tahun 2030 sesuai aspirasi besar Making Indonesia 4.0. Tentunya percepatan sasaran itu perlu ditopang dengan kesiapan dari sektor industri dan dibutuhkan SDM yang kompeten. Oleh karena itu, pengembangan SDM yang dibutuhkan oleh sektor manufaktur di era Industri 4.0 juga harus menjadi prioritas yang diutamakan.  

Sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku bisnis (SDM) di tanah air agar siap memasuki industri 4.0, SSCX International sebagai perusahaan konsultan operational excellence terbaik di Indonesia, akan mengadakan pelatihan online “Industry 4.0: How to Navigate Digitization of the Industry” selama dua hari pada tanggal 26-27 Oktober 2020. Melalui pelatihan ini, pelaku bisnis diharapkan mampu memahami dengan baik tentang revolusi industri keempat atau yang lebih dikenal sebagai industri 4.0 dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menghadapinya, termasuk memahami framework digitization, digitalization, maupun digital transformation.

Selain itu, yang tidak kalah penting dalam pelatihan ini para pelaku bisnis juga akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana melakukan quick assessment di bisnisnya masing-masing sesuai dengan konsep INDI 4.0. Untuk diketahui, INDI 4.0 atau Indonesia Industry 4.0 Readiness Index merupakan indikator penilaian tingkat kesiapan industri di Indonesia dalam menerapkan teknologi era industri 4.0. Dari hasil penilaian inilah, Perusahaan bisa tahu sudah siap atau belum menuju transformasi industri 4.0 sehingga tidak terjadi kesalahan implementasi.

Baca juga  Tanpa Kendali, Improvement Gagal Dilakukan

Dalam pelatihan ini juga akan dibahas tentang apa itu Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) beserta contoh aplikasinya di suatu sistem.  Sebagai informasi, Artificial Intelligence menjadi salah satu bentuk penerapan industri 4.0 untuk meningkatkan efisiensi proses serta produktivitas industri.  Jika kita melihat terminologi sederhanya, AI mengganti fungsi manusia atau mesin dalam memproses informasi. Dengan menghasilkan machine language, semua data analitik bisa diproses, sehingga pengambilan keputusan bisa lebih cepat dan mengantisipasi kebutuhan atau permintaan pasar.

Sangat lengkap dan menarik bukan? Bagi Anda yang tertarik mempelajari Industri 4.0 dan berhasil mengimplementasikannya, Anda tidak bisa melewatkan program pelatihan SSCX “Industry 4.0: How to Navigate Digitization of the Industry” . Segera hubungi tim support SSCX di  Wa.me/628175763021 atau event@sscx.asia.Ada untuk mendapatkan penawaran spesial 50% OFF, kuota terbatas ya!