Sebagus apapun produk atau jasa Anda, tidak seorang pun yang akan membelinya jika mereka tidak menginginkan atau membutuhkannya.

Sederhananya, Anda tidak bisa membujuk siapapun untuk membeli apa yang Anda tawarkan kecuali Anda benar-benar memahami apa yang diinginkan oleh pelanggan Anda. Mengetahui dan memahami kebutuhan pelanggan adalah inti dari kesuksesan bisnis. Pemahaman ini, dapat Anda gunakan untuk meyakinkan potensial pelanggan dan pelanggan yang sudah ada bahwa produk Anda adalah kepentingan terbaik mereka. Inilah kenyataannya, tidak ada yang peduli dengan Anda atau bisnis Anda, pelanggan hanya peduli dengan apa yang bisa kita lakukan untuk mereka.

Jika ingin menang bersaing di lingkungan yang kompetitif seperti saat ini, tugas Anda adalah mengabulkan keinginan pelanggan. Anda harus mampu menawarkan nilai yang dicari oleh semua orang. Kita bisa mempelajarinya dari perusahaan-perusahaan start-up. Kenapa Gojek bisa berekspansi masif dan nilainya terus meningkat? Menurut saya, ini tidak lepas dari keberhasilan perusahaan melakukan inovasi produk dalam hal menjawab kebutuhan masyarakat. Perlu kita ketahui bahwa hal terpenting tentang tujuan, adalah cara terbaik untuk mendapatkannya. Kalau tidak, kita hanya membuang-buang waktu, sia-sia.

Contoh sederhananya, sebagai perusahaan media kami ingin membawa semua orang untuk datang mengunjungi website kami, berlama-lama menghabiskan waktu untuk membaca artikel kami. Kami ingin setiap orang mengikuti media sosial kami. Inilah keinginan kami, tetapi jika kami hanya mengatakan ini secara jujur, kami tidak pernah mendapatkannya. Sebagai gantinya, kami perlu menciptakan konten-konten yang memang ingin dibaca oleh pembaca kami. Inilah yang kami yakini sebagai satu-satunya strategi bisnis untuk bertahan dari sengitnya kompetisi.

Bagaimanapun, kekuatan nilai pada akhirnya yang akan menentukan keberlangsungan bisnis Anda. Kita bisa mendapatkan peluang terbaik untuk mencapai tujuan hanya jika kita fokus pada apa yang diinginkan orang lain, inilah kekuatan negosiasi.

Baca juga  VSM : Sederhana Tapi Powerful

Meningkatkan “value” bagi Pelanggan

Dalam kacamata pelanggan, “value” adalah segala faktor yang dapat mendorong mereka bersedia membeli atau membayar suatu produk atau jasa. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan value tersebut, namun jika Anda menginginkan cara yang paling efektif maka Anda harus menggunakan lean.

Lean merupakan sebuah metodologi praktek produksi yang memfokuskan penggunaan dan pemberdayaan sumber daya untuk menciptakan value bagi pelanggan. Caranya yaitu dengan menghilangkan semua pemborosan yang terjadi pada proses sehingga terjadi proses yang lebih efektif dan efisien, dengan kualitas output yang lebih baik.

Seperti metodologi lain di dunia, lean memiliki konsep atau prinsip-prinsip dasar. Prinsip inilah yang berkembang menjadi segala roadmap dan tools yang sekarang kita kenal. Berikut adalah prinsip dasar Lean:

  1. Berikan VALUE sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan.
  2. Identifikasi VALUE STREAM untuk setiap produk / jasa.
  3. Buat aliran proses menjadi sebuah tahapan yang rutin dan berkelanjutan (continuous FLOW).
  4. Terapkan sistem tarik (PULL system) dalam proses.
  5. Lakukan secara konsisten hingga tercapai proses yang sempurna (ZERO-WASTE).