Tetap fokus bekerja di akhir tahun adalah tantangan. Dari pertengahan Desember hingga beberapa minggu setelah tahun baru bisa dipastikan menjadi waktu yang sulit untuk berkonsentrasi baik itu pada pekerjaan ataupun pencarian kerja.  Ada acara keluarga, kegiatan sosial, dan tugas pekerjaan yang membayangi setiap waktu. Ya, bisa dikatakan ini adalah waktu yang tepat untuk mengambil libur. Masalahnya, bagaimana kalau libur yang tersisa tidak bisa diambil dan perusahaan ingin kita bekerja lebih keras? Maka yang Anda butuhkan saat ini adalah menjaga performa untuk tetap produktif.

Lalu bagaimana untuk tetap produktif sementara motivasi kerja menurun? Berikut  beberapa kiat sederhana yang bisa Anda coba :

  1. Siapkan daftar tujuan. Memiliki rencana yang terukur akan mempermudah tujuan menjadi nyata. Ini akan membuat Anda tetap fokus dan bertanggungjawab terhadap target. Oleh karena itu, selain daftar hadiah (Natal) maka jangan lupa siapkan daftar tujuan Anda.
  2. Luangkan sedikit waktu setiap hari untuk mencari pekerjaan. Jika Anda berencana mengawali tahun baru di kantor baru maka ini adalah waktu yang tepat untuk Anda memperbaiki resume pribadi. Mungkin Anda mengabaikan profil LinkedIn Anda sementara waktu ini, tambahkan keterampilan, tanggungjawab, dan gelar baru yang Anda dapatkan selama setahun terakhir.
  3. Perkuat jaringan. Ketika Anda berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai divisi, lakukan komunikasi ringan untuk membangun jaringan, dengan demikian Anda akan mendapatkan informasi adanya pekerjaan dan peluang baru.
  4. Ketika pekerjaan mulai berkurang, gunakan waktu Anda untuk mengembangkan diri. Anda harus secara proaktif berusaha untuk lebih maju, pelajari hal-hal yang mendukung karier Anda di masa akan datang.
  5. Hindari sesuatu yang berlebihan, makan dan minum, misalnya. Karena hal ini bisa menjadi sesuatu yang akan Anda sesali di tahun 2019.
Baca juga  Yuk! Belajar Sukses dari Para Disruptor

Hal di atas mungkin terlihat sepele, tetapi Anda akan menyadari bahwa upaya kecil ini akan memberi Anda hasil yang luar biasa. Dengan menyisihkan sedikit waktu untuk fokus pada karier dan pekerjaan, Anda akan lebih siap menghadapi tahun baru. Ketika orang lain kembali ke kantor dengan “linglung”, Anda sudah siap untuk bekerja, terhindar dari segala bentuk pemborosan. Selamat berlibur!