Hasil survei Ericsson, menunjukkan bahwa saat ini konsumen ingin teknologi digital bisa beroperasi seakan menjadi bagian dari tubuh manusia. Permintaan ini menurut Ericsson akan mendorong vendor untuk menciptakan teknologi yang dapat berinteraksi dengan bahasa tubuh, intonasi, dan ekspresi wajah.

Survei ini melibatkan setidaknya 30 juta koresponden yang berasal dari 10 kota di seluruh dunia. Dari survei ini diprediksikan akan ada 10 tren teknologi yang berkembang di tahun 2018 dan tahun-tahun seterusnya. Apa saja itu?

  1. Tubuh sebagai user interface. Dalam 2—3 tahun mendatang, bahasa tubuh, ekspresi dan intonasi diproyeksikan menggantikan jari sebagai cara mengendalikan gawai.
  2. Augmented hearing. Sebanyak 63% koresponden menginginkan headphone yang dapat menerjemahkan suara secara real time.
  3. Eternal newbies. Peralihan teknologi yang cepat memaksa para konsumen untuk terus beradaptasi menggunakan Internet.
  4. Social broadcasting. Penyebarluasan konten media tradisional akan semakin banyak muncul di media sosial.
  5. Intelligent ads. Iklan akan menjadi sangat realistis seiring berkembangnya teknologi augmented reality dan virtual reality.
  6. Uncanny communication. Sebanyak 40% responden berharap smartphone mampu bereaksi terhadap suasana hati pengguna.
  7. Leisure society. Sebanyak 40% responden mengatakan mereka menginginkan robot yang bekerja untuk memberikan mereka lebih banyak waktu luang.
  8. Foto menjadi sebuah ruangan. Tiga dari empat responden percaya dalam waktu 5 tahun teknologi virtual reality memungkinkan foto dihadirkan dalam bentuk 3 dimensi.
  9. Lalu lintas udara. Sebanyak 39% responden percaya sebuah kota memerlukan jaringan jalan untuk drone sebagai pengganti transportasi logistik.
  10. The charged future. Sebanyak 80% responden percaya dalam 5 tahun mendatang masalah pengisian daya akan terselesaikan dengan pengadaan baterai yang tahan lama.

 

Sumber: bisnis.com

Baca juga  Presdir PT Astra Komponen Indonesia : Pemimpin Harus Punya Visi Besar