Kembali bekerja setelah melewati akhir pekan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar pekerja. Rasa malas dan kurang bersemangat sering menjadi penghalang kita untuk bekerja efektif di hari Senin. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini sehingga bisa melewati awal pekan dengan lebih produktif : 

1. Alokasikan waktu Anda untuk fokus pada upaya peningkatan
Memiliki rencana yang terkonsep di awal hari memudahkan Anda melewati hari-hari dengan lebih produktif, efisien, dan semakin dekat dengan tujuan Anda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyisihkan waktu di hari Senin, 3-4 jam tanpa ada gangguan. Arahkan fokus Anda hanya pada satu atau dua aktivitas bernilai tinggi yang akan membantu perkembangan bisnis dan pekerjaan Anda. Beberapa fokus kegiatan yang bisa Anda lakukan, misalnya: mengidentifikasi pemborosan sumber daya; upaya peningkatan penjualan; merancang budaya perusahaan; membuat keputusan strategi utama seperti penentuan harga, model bisnis, pemilihan pasar, dll.

Mengalokasikan “waktu fokus” tanpa gangguan ini memungkinkan Anda melakukan pekerjaan terbaik Anda dan melewati hari Senin dengan mengetahui bahwa Anda tidak hanya sekedar membuat dan menjalankan daftar tugas, tetapi juga menciptakan nilai nyata bagi perusahaan.

2. Nilai diri Anda
Setelah Anda menyelesaikan “waktu fokus” Anda (kegiatan nomor 1), maka nilailah diri Anda sendiri tentang seberapa besar manfaat Anda dapat dengan menginvestasikan waktu terbaik Anda pada kativitas nilai tertinggi Anda. Tugas sederhana ini akan memungkinkan Anda melihat objektivitas pada penciptaan nilai Anda untuk saat ini dan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

3. Jadikan budaya tim
Ada baiknya Anda juga melatih anggota atau karyawan Anda untuk memiliki “waktu fokus” mereka sendiri selama proses orientasi mereka. Mereka juga harus memahami mengapa waktu fokus penting bagi perusahaan, dan bekerjasama-lah untuk membantu menciptakan agenda yang dibutuhkan dalam penciptaan nilai nyata bagi organisasi.

Baca juga  Kenapa Perusahaan Otomotif Masuk Ride Sharing?

Setelah anggota tim Anda melihat pekerjaan berharga yang Anda lakukan, secara alami mereka akan mengikuti Anda dan anggota-anggota lain juga akan mengikutinya. Dorong mereka untuk membuat “waktu fokus” mereka sendiri di hari Senin dan bagikan jadwal mereka dengan orang lain .

Semakin banyak waktu yang Anda fokuskan untuk tugas-tugas bernilai tinggi, maka semakin tinggi pula nilai dan pertumbuhan bisnis yang Anda bangun.