Lean Six Sigma merupakan metode penyelesaian masalah yang sudah cukup populer di kalangan industri. Metode ini dipilih karena sifatnya yang komprehensif untuk mengoptimalkan produktivitas di perusahaan dengan fokus mengidentifikasi dan memecahkan masalah. Metode ini akan membantu kita dalam memetakan masalah, menganalisa masalah, dan menggali akar masalah dengan benar.

Dalam penerapan Lean Six Sigma sendiri tidak akan pernah bisa lepas dari peran penting Top Manajemen yang memfasilitasi proyek Lean Six Sigma dan para change agent yang bertugas sebagai eksekutor di lapangan. Bagi Anda yang penasaran dengan tanggung jawab dan tugas masing-masing peranan yang ada di tim Lean Six Sigma, baca sampai selesai artikel ini, ya!

Implementasi Lean Six Sigma yang Sukses

Untuk mencapai implementasi Lean Six Sigma yang sukses, organisasi harus memiliki infrastuktur peran yang mendukung, terdiri dari :  

  1. Executive Leaders, peran ini diisi oleh pimpinan tingkat atas. Mereka bertanggung jawab untuk mengatur visi, tujuan dari implementasi Lean Six Sigma. Mereka memfasilitasi pemegang peran lain dengan kebebasan dan dukungan sumber daya untuk mengeksplorasi ide baru sehingga dapat menciptakan perbaikan yang berkelanjutan.
  2. Champions, executive leaders akan memilih champion dari jajaran manajemen tingkat atas. Nantinya, mereka akan bertanggungjawab terhadap implementasi Lean Six Sigma di organisasi secara keseluruhan dan juga menjadi mentor para Black Belts.
  3. Black Belts, adalah profesional yang dapat menjelaskan filosofi dan prinsip-prinsip Lean Six Sigma dengan baik, termasuk semua tool pendukung di dalamnya. Mereka berkontribusi penuh dalam penerapan Lean Six Sigma. Black Belt memiliki tanggung jawab utama pada eksekusi proyek.Untuk itu, seorang Black Belt harus memiliki kemampuan tinggi untuk memimpin tim, memahami dinamika tim, dan mendelegasikan peran dan tanggung jawab kepada seluruh anggota tim. Black Belt memiliki pemahaman mendalam mengenai prinsip kerja Lean Six Sigma dan seluruh aspek DMAIC (Design-Measure-Analyze-Improve-Control). Mereka mampu mengidentifikasi elemen-elemen dan aktivitas tanpa nilai tambah (pemborosan) juga mengeliminasinya dengan menggunakan tools yang efektif.
  4. Green Belts, karyawan yang melakukan implementasi Lean Six Sigma bersamaan dengan tanggung jawab pekerjaaannya. Mereka menjalankan proyek di bawah bimbingan Black Belt. Adapun tugas utama seorang Green Belt adalah terlibat aktif dalam proyek perbaikan dan bertanggung jawab penuh untuk menganalisa masalah dan mengatasinya. Dalam menjalankan tugasnya mereka akan dibantu oleh Yellow Belt atau White Belt. Mereka adalah karyawan yang telah menyelesaikan pelatihan dasar mengenai tool Six Sigma.
Baca juga  Selama Pandemi, SSCX Fasilitasi Pelatihan dan Sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt Secara Online

Sertifikasi Lean Six Sigma

Beberapa perusahaan pionir yang menerapkan Lean Six Sigma mengembangkan program sertifikasi sebagai bagian dari inisiatif penerapan Lean Six Sigma, yang berguna untuk menentukan hirarki tanggung jawab menurut tingkat kecakapan yang dibutuhkan. Berdasarkan pendekatan ini, banyak organisasi menawarkan program sertifikasi Lean Six Sigma untuk karyawan mereka. Kriteria yang ditetapkan perusahaan untuk Black Belt dan Green Belt bervariasi; beberapa perusahaan hanya mempersyaratkan karyawannya berpartisipasi dalam suatu pelatihan Lean Six Sigma dan mewajibkan mengerjakan proyek improvement.

Jika perusahaan Anda tertarik menjalankan sertifikasi Lean Six Sigma, SSCX International adalah partner nomor satu yang bisa Anda andalkan.  SSCX International adalah perusahaan konsultan dan jasa pelatihan Lean Six Sigma terbaik di Indonesia yang telah membantu kemajuan ratusan organisasi di berbagai sektor industri.  Selama ini SSCX International dikenal oleh klien dan komunitas operational excellence sebagai perusahaan konsultan implementasi dan jasa pelatihan yang tak hanya memberikan service tapi juga menggaransi hasil.

Bulan Juni ini, SSCX International kembali mengadakan training Lean Six Sigma Green Belt secara online dan memberikan diskon khusus 50 persen kepada semua pendaftar.

Juga ada program khusus webinar “The Power of Lean Six Sigma” untuk Anda yang masih belum kenal dengan Lean Six Sigma. Webinar ini akan diadakan pada tanggal 18 Juni 2020. Hubungi tim support SSCX di event@sscx.asia atau Wa.me/6287857630200 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Informasi lebih jauh mengenai sertifikasi Lean Six Sigma Green Belt dan Black Belt juga bisa dilihat di http://sscxinternational.com/